Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

Surat Terbuka Nicolas Maduro untuk Rakyat Amerika Serikat


Kata-kata ini saya tujukan kepada masyarakat Amerika Serikat untuk memperingatkan secara serius betapa bahayanya beberapa pejabat Gedung Putih yang mendorong sebuah invasi kepada Venezuela yang akan berdampak buruk dan yang tidak terbayangkan bagi negara saya dan juga bagi Amerika.

Surat Terbuka Nicolas Maduro untuk Rakyat Amerika Serikat


Sumber : http://en.granma.cu/mundo/2019-02-13/nicolas-maduro-an-open-letter-to-the-people-of-the-united-states


Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyerukan kepada masyarakat Amerika Serikat untuk mengecam provokasi perang yang dilakukan pemerintah mereka.



Jika saya mengerti sesuatu, itu karena rakyat, sebab seperti dirimu, saya hanya seorang manuisa biasa diantara masyarakat. Saya lahir dan tumbuh di lingkungan masyarakat miskin di Caracas. Saya ditempa oleh panasnya perjuangan dan persatuan rakyat di Venezuela yang terpuruk dalam ketidaksetaraan dan penyingkiran. Saya bukan bangsawan, saya adalah buruh baik di dalam hati dan pikiran, hari ini saya mendapatkan keistimewaan untuk memimpin Venezuela yang baru, yang berakar pada sebuah model pembangunan untuk semua orang dan kesetaraan sosial, yang dibayangkan oleh Komandante Hugo Chavez sejak tahun 1998 dan diinspirasi oleh warisan Bolivar.



Kita hari ini hidup dalam sebuah momen bersejarah. Pada hari-hari mendatang, masa depan negara kita akan ditentukan, apakah akan hidup dalam situasi perang atau dalam sitausi damai. Pemerintah kalian di Washington ingin mendorong kebencian sampai pada batas seperti yang pernah mereka lakukan di Vietnam. Mereka ingin mengintervensi dan menginvasi Venezuela -- dengan alasan yang sama seperti yang dulu mereka katakan -- demi demokrasi dan kebebasan. Tapi itu adalah sebuah kesalahan besar. Upaya penggulingan kekuasaan yang sah di Venezuela sama salahnya dengan kepalsuan mereka tentang senjata pemusnahan massal di Irak. Ini adalah sebuah kebohongan besar, yang dapat memiliki dampak buruk bagi seluruh wilayah kami.

Venezuela adalah sebuah negara yang, berdasakan konstitusi 1999, membuka demokrasi lebih luas dan partisipatif dengan rakyat sebagai pelaku utama, yang belum pernah terjadi di masa-masa sebelumnya. Sekarang Venezuela adalah negara dengan jumlah pemilu terbanyak dalam 20 tahun terakhir. Kalian mungkin tidak menyukai ideologi atau kehadiran kami, namun kami memang ada dan jumlah kami jutaan.

Kata-kata ini saya tujukan kepada masyarakat Amerika Serikat untuk memperingatkan secara serius betapa bahayanya beberapa pejabat Gedung Putih yang mendorong sebuah invasi kepada Venezuela yang akan berdampak buruk dan yang tidak terbayangkan bagi negara saya dan juga bagi Amerika. Presiden Donald Trump hendak mengganggu inisiatif dialog yang bermartabat yang diusulkan oleh pemerintah Uruguay dan Meksiko, dengan dukungan CARICOM, sebagai suatu upaya untuk dialog dan mencari solusi damai bagi Venezuela. Kita tahu bahwa untuk kebaikan Venezuela, kita harus duduk dan berdialog sebab menolak dialog artinya memilih jalan perang. Seperti yang dikatakan John F. Kennedy: “kita bernegosiasi bukan karena takut. Melainkan kita takut jika tidak bernegosiasi.” Apakah mereka yang tidak ingin berdialog takut akan kebenaran?

Politik intoleransi terhadap model Bolivarian Venezuela dan politik serakah untuk menguasai sumber daya minyak, mineral, dan kekayaan besar lainnya, telah mendorong koalisi internasional yang dipimpin oleh pemerintah Amerika Serikat untuk melakukan tindakan gila berupa invasi militer terhadap Venezuela, dengan dalih krisis kemanusiaan palsu.

Rakyat Venezuela telah mengalami keterpurukan yang menyakitkan yang disebabkan oleh blokade dan kejahatan finansial, yang diperburuk oleh penguasaan dan pengambil-alihan sumber daya dan aset keuangan kita yang ada di negara-negara yang sama gilanya dengan Amerika Serikat.

Namun, kalian harus tahu, berkat sistem perlindungan sosial baru, yang langsung memberikan perhatian pada sektor-sektor masyarakat yang paling rentan, kami bangga telah menjadi salah satu negara yang mempunyai indeks pembangunan manusia tertinggi di benua Amerika.

Rakyat Amerika Serikat harus mengerti bahwa agresi brutal dari segala sisi ini melanggar hukum dan piagam PBB, yang secara tegas melarang ancaman dan penggunaan kekerasaan sebagai bagian dari prinsip hubungan persahabatan antara Bangsa dan tujuan perdamaian dunia.

Kami ingin terus menjadi sahabat bagi rakyat Amerika, seperti yang telah kita lalui sepanjang sejarah kita, namun para politisi di Washington justru ingin mengirim anak-anak mereka untuk mati dalam perang yang tidak masuk akal, bukannya menghormati hak rakyat Venezuela untuk berdaulat dan mempertahankan kedaulatannya.

Seperti juga kalian, rakyat Amerika Serikat, kami adalah patriot Venezuela, yang harus mempertahankan tanah-air kita dengan segenap jiwa dan raga. Hari ini Venezuela bersatu dalam satu masalah yang sama: Kami menuntut segera diakhiri agresi yang berupaya mencekik perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat kami, dan juga segera diakhirinya ancaman serius intervensi militer terhadap Venezeula. Kami menyerukan kepada masyarakat Amerika Serikat yang berjiwa baik -- yang dikorbankan oleh pemerintahnya sendiri -- untuk bersama-sama menyerukan perdamaian, mengecam provokasi perang dan melawan perang.

Hidup Rakyat Amerika !

Nicolas Maduro

Presiden Republik Bolivarian Venezuela

No comments

Powered by Blogger.