Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

Dampak Sanksi Amerika Bagi Venezuela





Harga Real Sanksi Trump Bagi Venezuela
Oleh : Ryan Mallett-Outtrim


Lima ratus enam puluh tujuh ribu anak mati. Itu adalah jumlah kematian yang diakibatkan oleh sanksi internasional terhadap Saddam di Irak, menurut sebuah penelitian tahun 1995 yang diterbitkan di The Lancet oleh para pereliti dari United Nations Food and Agricultural Organization. 

Kesimpulan dari penelitian ini sungguh mengejutkan: Lima tahun setelah sanksi diterapkan, para pekerja kemanusiaan PBB mendapatkan sebuah negara penghasil minyak yang dulu kaya, sekarang justru mengalami kelaparan. Sanksi dengan dalih untuk menekan Saddam, pada kenyataannya justru berdampak paling besar pada rakyat Irak yang paling miskin. 

Seorang peneliti menemukan bahwa sekitar sepertiga anak-anak di bawah usia 10 tahun di Baghdad menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan kerdil, sementara 12 persen sangat membutuhkan perhatian medis segera karena kekurangan gizi yang parah.


Ketika artikel Lancet--yang sekarang menjadi terkenal--menekan pers, dunia terhuyung-huyung karena tingginya penderitaan yang ditimbulkan pada warga sipil Irak yang tidak berdosa akibat sanksi, namun tanggapan dari Washington seperti yang sudah diduga sebelumnya. Ketika ditanya bagaimana dia bisa membenarkan kematian sekitar 567.000 anak-anak Irak—secara perlahan dan menyakitkan itu, Duta Besar AS untuk PBB Madeleine Albright dengan dingin menyatakan, "Itu adalah harga yang pantas."

Memang untuk beberapa alasan. Albright kemudian mendapat ganjaran dari Kementrian Luar Negeri, sementara kehidupan Saddam berakhir satu dekade yang lalu.

Apakah harga itu pantas atau tidak, itu merupakan pertanyaan terbuka bagi rakyat Irak, yang sekarang tinggal di bawah negara yang gagal, terperosok dalam korupsi, kemiskinan dan perang sipil tanpa henti. Saat ini, Irak adalah sinonim untuk keranjang berbagai masalah. Ini adalah gambaran anak dari pembangunan bangsa, perubahan rezim dan nilai-nilai Amerika. Setiap bom bunuh diri adalah representasi dari budaya Amerika, sementara politisi korup yang tidak dapat berbeda dari kroni-kroni Saddam, dan reruntuhan infrastruktur negara merupakan pengingat dari misi yang sempurna.



Ini membawa kita sekarang ke Irak yang baru: Yaitu Negara Venezuela . Sekali lagi, Washington memiliki musuh bebuyutan yang terlihat. Gedung Putih menjanjikan untuk membawa demokrasi dan kebebasan ke tanah lain yang sudah terkepung dan jauh. Di bawah Obama dan sekarang di bawah Trump, kami telah melihat babak sanksi demi sanksi terus dilakukan, dan ini adalah babak sanksi kelima sejak Trump menjabat sebagai Presiden.

Sampai saat ini, sanksi tersebut lebih banyak sebagai gertakan, namun jelas Pemeritahan Trump sekarang sangat ingin merubah hal ini - setidaknya itu yang ada dalam persepsi masyarakat luas. Melalui perintah eksekutif, Gedung Putih mengatakan sanksi baru tersebut untuk melarang "berusan dengan hutang dan saham baru yang dikeluarkan oleh pemerintah Venezuela dan perusahaan minyak milik negara Venezuela [PDVSA]".

Jangan salah, ini berpotensi menjadi pukulan besar bagi Venezuela, yang kini cadangan devisannya berada di bawah US $ 10 miliar. Pemerintahan Presiden Nicolas Maduro sedang mengalami keuangan yang berdarah-darah setiap harinya, dan mungkin memiliki utang sekitar US $ 17 miliar yang perlu dilunasi dalam dua tahun ke depan. 

Sekitar US $ 4 miliar yang akan jatuh tempo dalam tiga bulan ke depan. Kembali masa lalu, Maduro hanya bisa beralih ke Rusia atau China untuk memanfaatkan perjanjian minyak-untuk mendapatkan pinjaman bagi Venezuela, tapi tidak bisa lagi karena ada beberapa penundaan pengiriman minyak ke kedua negara itu selama tahun-tahun terakhir ini.

Mark Weisbrot dari Pusat Penelitian Ekonomi dan Kebijakan telah menyarankan agar Maduro terus melanjutkan restrukturisasi hutang dan penjualan aset asing—yang sebenarnya tidak berdampak signifikan, walaupun memang itulah strategi Maduro selama ini.

Tahun lalu, pemerintah menegosiasikan kesepakatan swap bond sebelas jam dengan kreditor PDVSA. Ini berhasil, dan memberi Venezuela satu tahun lagi dengan alarm yang menyala.

Tali Penyelamat Itu Sekarang Dilepas

"Tanpa ragu, restrukturisasi dan swap tidak mungkin lagi dilakukan sekarang," kata seorang broker anonim kepada Reuters.

Paku terakhir di peti mati itu akan menjadi ronde lainnya, yang menargetkan obligasi Venezuela, dan sudah ada spekulasi bahwa Pemerintahan Trump kemungkinan mempertimbangkan langkah tersebut. Seperti yang ditunjukkan oleh Institut Internasional Keuangan, "Jika larangan perdagangan semacam itu diberlakukan, mungkin itu akan menyasar instrumen hutang yang jelas terkait dengan pendanaan baru pemerintahan Maduro."

Tentu saja, tidak semuanya seburuk yang mungkin tampak pada awalnya. Di satu sisi, larangan umum perdagangan obligasi Venezuela tidak mungkin terjadi pada saat ini, karena sebagian besar tidak mungkin diterapkan.

Detail penting lainnya adalah bahwa perintah eksekutif Trump terkandung beberapa konsesi retoris untuk tujuan kemanusiaan dan komersial.



Cemilan Orang Orang Kaya Di Venezuela Yang Mnejadi Oposisi Maduro

"Ini termasuk ketentuan yang memungkinkan untuk periode untuk menurunkan ketegangan selama 30-hari; Yaitu pembiayaan sebagian besar perdagangan komersial, termasuk ekspor dan impor minyak bumi; Transaksi yang hanya melibatkan Citgo Petroleum (PDVSAC.UL) ; Transaksi dengan hutang Venezuela dalam hal-hal tertentu ; Dan pembiayaan untuk barang-barang kebutuhan kemanusiaan ke Venezuela, "menurut Gedung Putih.

Ini membuat orang bertanya, bagaimana kondisi ini akan berjalan dalam kenyataan. Perintah eksekutif yang longgar dan terdapat banyak pengecualian—dengan celah yang cukup besar, hingga Air Force Onepun bisa melawatinya--setidaknya untuk sementara waktu ini. Ini semua adalah tipikal Trump: kebanyakan asap, tapi nyala api terlalu kecil, hanya pas untuk telapak tangannya yang kecil-mungil.

Abaikan dulu maksud dari sanksi tersebut, kita juga perlu mengingat bahwa rezim Trump yang kacau telah terbukti tidak mampu menjalankan prosedur birokrasi rutin seperti mengangkat staf, jadi tidak ada yang tahu apakah pemerintahnya dapat mengelola sanksi garis keras seperti ini - bahkan jika mereka ingin. Ingat: Dia ini orang yang mengelola kasino sendiri sampai bangkrut. Jadi, kita sama sekali tidak berurusan dengan keajaiban finansial di sini.

Juga tidak jelas bagaimana pemerintahan Maduro akan meresponnya.

Untuk yang satu ini, Maduro akan bertindak bijaksana dengan menghindari penggunaan Citgo sebagai penopang, mengingat kemungkinan inilah aset negara yang pertama menjadi sasaran tembak jika pemerintahnya menghadapi proses pengadilan yang lebih banyak di teritori AS. Masalah lain yang jelas adalah kenyataan bahwa bantuan kemanusiaan ke Venezuela harus melewati tantangan sistem pertukaran mata uang asing yang tidak masuk akal – ini adalah hal yang samam yang berlaku untuk sebagian besar perdagangan luar negeri.

Sederhananya, pemerintah Trump akan punya waktu untuk menikmati situasi, yang secara praktis mencoba membiarkan arus investasi swasta ketika pemerintah Venezuela secara resmi mengendalikan semua pertukaran mata uang.
Tentu saja, itu bukan untuk mengabaikan betapa pasar gelap mata uang di Venezuela sedang meningkat, pada saat mata uang negara itu, the Bolivar (BsF) sedang jatuh. Saat Gedung Putih mengumumkan sanksi baru, nilai tukar di pasar gelap adalah US $ 1 = BsF17.000. Untuk sebotol bir di Caracas, Anda setidaknya harus membayar BsF 2000 yang berarti Anda memerlukan 20 pecahan uang BsF100 hanya untuk membeli yang dingin.

Bandingkan dengan nilai tukar tidak resmi—di pasar gelap- yang mendekati US $ 1 = BsF6000 pada akhir Mei, ketika pemerintah Venezuela mengumumkan putaran terakhir reformasi valuta asingnya. Tanpa keraguan, BSF sekarang masuk wilayah hiper-inflasi. Tidak ada data resmi yang tersedia untuk inflasi tahun 2017, meskipun pada bulan Juni lalu, Majelis Nasional yang dikuasai pihak oposisi mengklaim bahwa harga konsumen naik 127,8 persen dalam lima bulan pertama tahun di tahun 2017. Sanksi tersebut dapat mendorong BSF jatuh lebih dalam lagi, namun kita sebaiknya menunggu perkembangannya .

Jadi untuk menjelaskannya secara keseluruhan, secara umum masih sulit untuk mengatakan seberapa efektif sanksi baru ini, meskipun pesannya sendiri keras dan jelas: Trump ingin terlihat menekan Venezuela. Namun, jika dalam beberapa bulan ke depan dia melakukan gertakannya, keadaan bisa dengan sangat cepat berubah menjadi sangat buruk. Tentu, mudah untuk menolak sanksi ini sekarang, tapi kita telah melihat bagaimana perang ekonomi serupa telah menimbulkan harga kemanusiaan yang berat terhadap sasaran lain dari agresi AS, dengan Irak menjadi contoh utama.

Revolusi yang sesungguhnya

Sama seperti di Irak, orang-orang termiskinlah di Venezuela yang akan membayar harga atas sanksi ini. Elit Venezuela yang kaya dan berkuasa—yang sering menghabiskan waktu dengan Wakil Presiden AS, Mike Pence akan terus menikmati koktail dan berpesta lobster untuk makan malam, tidak peduli apa yang terjadi pada orang-orang miskin itu. Sembari menikmati kesenangan di klub-klub dan liburan di Miami yang cerah, mereka juga menemukan waktu untuk mengemis pada Pence agar menyelamatkan mereka dari Maduro, namun orang miskin Venezuela dan yang tertindas memiliki gagasan lain, ide-idenya sendiri.





Ketimbang bermimpi tentang betapa senangnya di bom terus menerus, massa akar rumput Venezuela yang revolusioner justru tidak bermimpi, tapi berjuang setiap hari untuk demokrasi langsung, berjuang untu menghentikan kapitalisme dan berjuang untuk sebuah negara komunal yang baru. Lupakan Maduro. lupakan untuk mengasihani diri sendiri—orang yang berlagak sombong, yang terasing sendiri, yang mengangkat batu-baru ke truck pada siang hari, dan minum sedikit Chivas Regal di antara bebatuan pada malam hari.

Pahlawan-pahlawan sejati Venezuela adalah para pejuang militan dari komune di perkotaan, yang tanpa rasa takut mengorganisir diri di bawah bayang-bayang serangan fasis kanan, para petani (campesinos) yang menuntut tanah dan kebebasan dari para bangsawan lama, para pejuang lingkungan yang mempertahankan tanah itu dari gelombang ekstraktifme yang baru, kaum sosialis di akar rumput yang mendorong sebuah revolusi dalam revolusi, para feminis dan aktivis LGBT yang melawan patriarki, Afro-Venezuela yang memerangi rasisme dan penindasan historis, dan aktivis masyarakat adat yang berjuang untuk kehidupan mereka melawan pengusaha ternal dan preman-preman mereka.

Akankah kaum revolusioner ini menaruh banyak perhatian pada sanksi yang diberlakukan oleh Trump? Saya meragukan hal itu. Untuk saat ini, ancamannya terlalu jauh, dan tidak ada yang tahu apakah sanksi ini akan diberlakukan dengan kejam. Namun akan menjadi kesalahan jika meremehkan Trump, belum lagi para pemangsa yang mengelilingi Gedung Putih. Jika pemangsa-pemangsa ini mendapatkan jalan mereka, Venezuela bisa segera menjadi Irak lain, dan harga dari sanksi tersebut bisa menjadi tidak terhingga.

Sumber : https://venezuelanalysis.com/

No comments

Powered by Blogger.