Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

FINLAND MENJADI NEGARA PERTAMA DI DUNIA YANG MENGHAPUS SEMUA MATA PELAJARAN SEKOLAH


Sistem pendidikan Finlandia dipandang sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Di level internasional, sistem pendidikan Finland selalu masuk supuluh besar. Meskipun mereka telah berhasil, pemangku kebijakan tidak merasa puas dan kemudian membulatkan tekat untuk melaksanakan revolusi sejati didalam sistem pendidikan mereka.



Pemerintah Finlandia ingin menghapus mata pelajaran sekolah dari kurikulum. Tidak akan ada lagi kelas untuk mata pelajaran fisika, matematika, sastra, sejarah, ataupun geografi.
Kepala Departemen Pendidikan di Helsinki, Marjo Kyllonen menjelaskan perbuhanan tersebut:
“Masih ada sekolah yang mengajar dengan metode kuno, yang telah digunakan sejak tahun 1990an— namun kebutuhannya sudah beda, kita butuh sesuatu yang cocok untuk abad 21 ini.”

Bukan mempelajari ilmu pengetahuan tunggal, akan tetapi pelajar akan mempelajari peristawa dan fenomena dengan pola lintas-dislpin ilmu. Sebagai contoh, Peran Dunia II akan diperiksa dari perspektif sejarah, geografi, dan matematika. Dan dengan mengambil kursus “bekerja di cafe.” pelajar akan menyerap serangkaian pengetahuan mengenai bahasa inggris, ekonomi, dan keterampilan komunikasi.

Sistem ini akan diperkenalkan untuk pelajar senior, dimulai pada usia 16 tahun. Gagasan umum sistem ini adalah bahwa pelajar harus memilih topic dan fenomena mana yang ingin mereka pelajari, berdasarkan ambisi mereka untuk masa depan dan kemampuan mereka. Dengan demikian, tidak ada pelajar yang harus lulus mata pelajaran fisika atau kimia sedangkan setiap saat berpikir tentang diri mereka “untuk apa saya perlu tahu ini?”

Pola tradisi komunikasi antara murid—guru juga akan dirubah. Pelajar tidak akan duduk dibelakang meja sekolah dan gelisah menunggu dipanggil untuk menjawab pertanyaan, tetapi mereka akan bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan permasalahan.

Sistem pendidikan Finlandia mendorong kerja kolektif, itulah sebabnya perubahan tersebut juga akan berdampak pada para guru. Program pemberuan sekolah mengharuskan kerja sama yang hebat antara guru yang berbeda mata pelajaran. Sekitar 70% guru di Helsinki sudah melakukan persiapan kerja sesuai dengan sistem baru untuk menyajikan informasi, dan sebagai hasilnya, mereka akan mendapat kenaikan gaji.


The changes are expected to be complete by 2020.
The original source of this article is Bright Side
Copyright © Bright Side, Bright Side, 2017

Sumber : http://www.globalresearch.ca/finland-will-become-the-first-country-in-the-world-to-get-rid-of-all-school-subjects/5572373

No comments

Powered by Blogger.