Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

BURUH - PETANI BERKUASA; BELAJAR DARI REVOLUSI 1917--BAGIAN PERTAMA

Pertemuan Soviet Petrogad, 1917


Bagimana Soviet (Dewan Buruh-Dewan Tani) Bekerja?
oleh : John Reed
John Reed adalah seorang sosialis Amerika Serikat yang menjadi jurnalis dan menjadi saksi revolusi kelas buruh Rusia, Oktober 1917. Dia juga pengarang buku tentang revolusi kelas buruh Rusia yang berjudul “10 hari yang mengguncang dunia



Secara serempak, citra buruk dan keliru ditujukan kepada Soviet Rusia oleh pers kapitalis, terdengar suara keras semacam kepanikan, yang meneriakkan: 'Tidak ada pemerintah di Rusia! Tidak ada organisasi di kalangan pekerja Rusia! Itu tak akan berjalan! Tak akan berjalan !

Itu fitnah!


NEGARA KELAS BURUH DAN PETANI

Seperti diketahui oleh semua sosialis sejati dan kita yang telah melihat Revolusi Rusia bisa bersaksi, sekarang di Moskow dan di seluruh kota-kota di tanah Rusia ada sebuah struktur politik yang sangat kompleks, ditegakkan oleh sebagian besar rakyat yang berfungsi sebaik pemerintahan rakyat yang baru dlahirkan kembali fungsinya. Juga para pekerja Rusia telah menyesuaikan diri dari kebutuhan mereka dan tuntutan hidup sebuah organisasi ekonomi yang berkembang menjadi demokrasi industri sejati.

Negara Soviet didasarkan pada Soviet -atau Dewan- Buruh dan Soviet Petani. Dewan-dewan ini -institusi yang sangat khas dari Revolusi Rusia- muncul tahun 1905 ketika dalam pemogokan umum pertama para pekerja, pabrik Petrograd dan organisasi buruh mengirim delegasi ke Komite Pusat. Komite Pemogokan ini bernama Dewan Deputi Pekerja. Pada pemogokan umum kedua di musim gugur tahun 1905, organiser-organiser dikirimkan ke seluruh Rusia dan untuk waktu yang singkat telah diakui oleh Pemerintah Imperial sebagai juru bicara resmi kelas pekerja revolusioner Rusia.

Setelah kegagalan Revolusi 1905, anggota Dewan tersebut melarikan diri atau dibuang ke Siberia. Tapi yang sangat mengejutkan karena organ politik ini adalah jenis persatuan, semua partai revolusioner termasuk Dewan Deputi Buruh berencana untuk melakukan pemberontakan berikutnya.

Pada bulan Maret 1917, ketika Rusia menghadapi kemelut, Tsar turun tahta dan Grand Duke Michael menolak takhta, serta Duma (Majelis Rendah) yang enggan memegang tampuk pemerintahan, Dewan Deputi Pekerja mulai terbentuk. Dalam beberapa hari ini diperluas untuk memasukkan delegasi Angkatan Darat, dan memanggil Dewan Deputi Pekerja dan Prajurit. Kecuali Kerensky, Komite Duma terdiri dari borjuis, dan tidak ada hubungannya dengan massa revolusioner. Pertarungan harus dilakukan, ketertiban harus dipulihkan dan dijaga. Anggota Duma tidak bisa melaksanakan tugas ini; Mereka terpaksa memohon ke perwakilan pekerja dan tentara - dengan kata lain Dewan. Dewan mengambil alih pekerjaan Revolusi, mengkoordinasikan kegiatan rakyat, melestarikan ketertiban. Selain itu, itu juga mengasumsikan tugas untuk meyakinkan Revolusi melawan pengkhianatan kaum borjuis.

Sejak Duma terpaksa memohon ke Dewan tersebut, dua pemerintahan ada di Rusia dan kedua pemerintah ini berjuang untuk berkuasa sampai November 1917, ketika Soviet dengan kontrol Bolshevik menggulingkan pemerintah koalisi.

Seperti yang telah saya katakan, Soviet berasal dari Deputi Buruh dan Tentara kemudian muncul Uni Soviet dari Deputi Petani. Di kebanyakan kota, Soviet Pekerja dan Tentara bertemu; Mereka juga mengadakan Kongres Seluruh Rusia bersama-sama. Soviet Petani, bagaimanapun, terkendala oleh unsur-unsur reaksioner yang memegang kendali, dan tidak bergabung dengan para pekerja dan tentara sampai revolusi November dan pendirian Pemerintah Soviet.


Bersambung ke bagian kedua

No comments

Powered by Blogger.