Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

BURUH - PETANI BERKUASA; BELAJAR DARI REVOLUSI 1917--BAGIAN KETIGA



Pertemuan Soviet Petrogad 1917


KOMITE PETANI

Contoh paling mencolok dari hal ini adalah diantara para petani yang tidak mengambil kepemimpinan revolusi dan ada kepentingan primitif dan bisa dikatakan eksklusif di dalamnya saat penyitaan perkebunan besar. Soviet dari Deputi Petani pada awalnya praktis tidak memiliki fungsi lain kecuali mencari solusi dari masalah tanah. Ini adalah kegagalan solusi persoalan tanah di bawah pemerintahan koalisi yang mengalihkan perhatian massa luas petani ke alasan sosial di balik kegagalan ini -bersamaan dengan propaganda tak henti-hentinya dari sayap kiri Partai Sosialis Revolusioner yaitu mengenai Bolshevik dan kembalinya tentara revolusioner ke desa-desa.

Partai tradisional kaum tani adalah Partai Sosialis Revolusioner . Seacara umum massa petani hanya memiliki kepentingan atas tanah mereka dan yang tidak memiliki kekuatan atau inisiatif politik, dan pada awalnya menolak untuk berhubungan dengan Soviet. Namun para petani yang berpartisipasi di Soviet segera membangkitkan gagasan tentang kediktatoran proletar. Dan mereka hampir selalu bergabung dengan Partai Revolusioner Sosialis Kiri dan menjadi pejuang partisan pemerintah Soviet.

Di Komisariat Pertanian di Petrograd tergantung peta Rusia, ditaburi pin merah. Masing-masing pin berkepala merah ini mewakili Soviet dari Deputi Petani. Ketika pertama kali melihat peta itu tergantung di markas besar Soviet Soviet di 6 Fontanka, titik-titik merah itu terlihat jarang-jarang di atas tanah air yang luas, juga jumlahnya tidak bertambah. Selama delapan bulan pertama revolusi ada banyak sekali uyezds, seluruh provinsi sebenarnya di mana hanya satu atau dua kota besar akan menunjukkan Soviet Petani dan mungkin tersebar di desa-desa. Setelah Revolusi November, Anda bisa melihat semua orang Rusia “memerah”, seperti desa demi desa, kabupaten demi kabupaten, propinsi demi provinsi, terbangun dan membentuk Soviet Petani.


Pada saat pemberontakan Bolshevik, sebuah Majelis Konstituante dengan mayoritas anti-Soviet telah terpilih; Satu bulan kemudian hal itu tidak mungkin bisa terjadi. Saya menyaksikan tiga Konvensi Petani Seluruh Rusia di Petrograd. Delegasi yang hadir -sebagian besar dari mereka adalah Sosialis Revolusioner Kanan, dan mereka bertemu dalam sidang- dan di sidang yang sangat keras mereka selalu berada - di bawah kepresidenan konservatif sejenis Avksentiev dan Peshekhanov. Dalam beberapa hari mereka akan pindah ke kiri dan didominasi oleh orang yang mengklaim dirinya radikal seperti Tchernov. Beberapa hari kemudian mayoritas menjadi sangat radikal dan Maria Spiridonova terpilih menjadi ketua. Kemudian minoritas konservatif akan berpisah dan mendirikan sebuah konvensi kecil yang dalam beberapa hari kemudian terus menyusut dan menjadi hal yang sia-sia belaka. Dan badan utama akan mengirim delegasi untuk bergabung dengan Soviet di Smolny. Hal ini terjadi setiap saat.

Saya tidak akan pernah melupakan Konferensi Petani yang berlangsung menjelang akhir November, dan bagaimana Tchernov berjuang untuk mengendalikan dan tidak berhasil, dan prosesi yang indah dari kaum proletar beruban yang berbaris menuju Smolny melalui jalan-jalan bersalju, bernyanyi, mengibarkan spanduk merah darah . Saat itu malam yang gelap. Di tangga SmoIny, ratusan buruh laki-laki sedang menunggu untuk menerima saudara tani mereka, dan dalam cahaya redup kedua massa itu bergerak satu sama lain dan yang lainnya naik, bergegas bersama dan memeluk, dan menangis, dan bersorak.

Soviet bisa saja tidak membuat keputusan yang mempengaruhi perubahan ekonomi yang mendasar, namun ini harus dilakukan oleh organisasi rakyat di tingkat lokal itu sendiri. Penyitaan dan pendistribusian tanah, misalnya diserahkan ke Komite Tanah Petani. Komite Tanah ini dipilih oleh para petani atas saran Pangeran Lvov, perdana menteri pertama Pemerintahan Sementara, di mana banyak penyelesaian masalah tanah yang mau tak mau harus dituntaskan, dimana perkebunan besar harus dipecah dan didistribusikan di antara para petani. Pangeran Lvov meminta para petani untuk memilih Komite Pertanahan yang tidak hanya menentukan kebutuhan pertanian mereka sendiri, tetapi juga harus melakukan survei dan membuat penilaian atas lahan yang ditanami. Tapi ketika Komite Tanah ini berusaha menjalankan fungsinya, para tuan tanah menyuruh mereka untuk ditangkap.

Ketika Soviet merebut kekuasaan, tindakan pertamanya adalah menyebarluaskan keputusan tentang tanah tersebut. Keputusan soal tanah ini bukanlah proyek Bolshevik sama sekali, namun program Partai Revolusioner Sosialis Kanan (atau moderat), disusun berdasarkan beberapa ratus tugu peringatan petani. Ini menghapuskan hak pribadi selamanya atas tanah atau sumber daya alam di Rusia dan menyerahkan kepada Komite Tanah dengan tugas untuk membagi tanah di antara para petani, sampai Majelis Konstituante akhirnya menyelesaikan masalah tersebut. Setelah pembubaran Majelis Konstituante, keputusan tersebut sudah final.

Di luar beberapa proposisi umum dan bagian yang terdapat kelebihan imigrasi populasi di lingkungan yang padat, rincian penyitaan dan distribusi diserahkan sepenuhnya kepada Komite Tanah setempat. Kalagayev, Komisaris Pertanian yang pertama, menyusun sebuah peraturan yang rumit untuk membimbing para petani dalam tindakan mereka. Tapi Lenin, dalam sebuah pidato di hadapan Komite Eksekutif Pusat meyakinkan pemerintah untuk membiarkan para petani mengelola masalah ini secara revolusioner, hanya memberi saran kepada petani miskin untuk bergabung melawan petani kaya. ('Misalkan sepuluh petani miskin menentang setiap petani kaya', kata Lenin.)

Tentu saja tidak ada petani yang bisa memiliki tanahnya, tapi tetap saja, dia bisa mengambil tanah dan memperlakukannya sebagai milik pribadinya. Tapi kebijakan pemerintah yang bertindak melalui Komite Pertanahan lokal adalah untuk mencegah kecenderungan ini. Petani yang ingin menjadi tuan tanah swasta dapat melakukannya, namun mereka tidak dibantu oleh pemerintah. Di sisi lain, petani yang bertani secara kolektif diberi kredit, benih, peralatan dan pelatihan teknik modern.

Melekat pada Komite Pertanahan adalah pakar pertanian dan kehutanan. Untuk mengkoordinasikan praktik-praktik Komite lokal, badan pusat dipilih dari mereka yang dikenal sebagai Komite Tanah Utama yang berada di ibu kota yang berhubungan erat dengan Komisariat Pertanian.

KOMITE BURUH

Ketika Revolusi Maret pecah, para pemilik dan administrator dari banyak pabrik industri ditinggalkan atau diusir oleh para pekerja. Terutama terjadi di pabrik-pabrik pemerintah, dimana terdapat tenaga kerja birokrat yang tidak bertanggung jawab, yang dulunya ditunjuk oleh Tsar.

Tanpa kepala pengawas atau mandor, dalam banyak kasus, insinyur dan akuntan serta para pekerja dihadapkan pada pilihan menjaga pekerjaan tetap berjalan atau kelaparan. Sebuah komite terpilih, satu delegasi dari masing-masing 'toko' atau departemen; Komite ini berusaha menjalankan pabriknya. Tentu saja, awalnya rencana ini sepertinya sia-sia belaka. Fungsi dari berbagai departemen dapat dikoordinasikan dengan cara ini, namun kurangnya pelatihan teknis dari pihak pekerja menghasilkan beberapa hasil yang tidak memuaskan.

Akhirnya ada rapat komite di salah satu pabrik, dimana seorang pekerja berdiri dan berkata: 'Kawan, mengapa kita khawatir? Pertanyaan tentang ahli teknis bukanlah hal yang sulit. Ingat atasan bukan ahli teknis; Bos tidak tahu teknik atau kimia atau pembukuan. Yang dia lakukan hanyalah memilikinya. Ketika dia menginginkan bantuan teknis, dia mempekerjakan orang untuk melakukannya untuknya. Nah, sekarang kita bosnya. Mari mempekerjakan insinyur, akuntan dan sebagainya - untuk bekerja untuk kita! '

Di pabrik pemerintah masalahnya relatif sederhana, karena Revolusi secara otomatis menyingkirkan 'bos', dan tidak pernah benar-benar digantikan oleh yang lain. Tapi ketika Komite Toko Pabrik menyebar ke perusahan pribadi yang kecil-kecil, mereka dengan kejam berkelahi dengan pemilik pabrik, yang kebanyakan membuat kontrak dengan serikat pekerja.




Pertemuan di pabrik Putillov, Petrogad 1917

Di pabrik-pabrik swasta juga, komite pabrik toko adalah suatu kebutuhan. Setelah tiga bulan pertama Revolusi, di mana kelas menengah dan organisasi proletar bekerja sama dalam harmoni utopis, kapitalis industri mulai takut akan kekuatan dan ambisi organisasi buruh -seperti halnya pemilik tanah negara yang takut pada Komite Pertanahan dan para perwira terhadap komite tentara dan Soviet. Sekitar awal Juni, kaum borjuis diam-diam mulai kampanye untuk menghentikan Revolusi dan menghancurkan organisasi -organisasi demokratis. Dimulai dengan Komite Toko Pabrik, pemilik industri berencana untuk menyapu bersih semuanya, termasuk Soviet. Tentara tidak teroganisir, persediaan dan amunisi serta makanan dialihkan dari mereka dan orang-orang Jerman sunguh berhianat- seperti Riga; Di negara tersebut, para petani dibujuk untuk menimbun gandum mereka dan memprovokasi kekacauan yang memberi alasan kepada Cossack untuk 'memulihkan perdamaian'; Dan di industri, mesin serta kegiatan pabrik disabotase, transportasi dirusak, tambang batu bara, tambang logam juga sumber bahan baku dirusak semaksimal mungkin. Setiap usaha dilakukan untuk mematikan pabrik-pabrik dan membuat pekerja kelaparan hingga kembali tunduk pada rezim industri lama.

Para buruh dipaksa untuk melawan. Komite Pabrik Pabrik bangkit dan mengambil alih. Mula-mula, tentu saja, pekerja Rusia membuat kesalahan yang menggelikan, seperti yang telah dikatakan seluruh dunia berkali-kali. Mereka menuntut upah yang tidak mungkin -mereka berusaha menjalankan proses pembuatan ilmiah yang rumit tanpa pengalaman yang benar; Dalam beberapa kasus, bahkan mereka meminta atasannya kembali sesuai persyaratannya sendiri. Tapi kasus semacam itu hanya minoritas kecil, di sebagian besar pabrik, para pekerja cukup cakap untuk dapat melakukan kegiatan industri ini tanpa atasan.


Pemilik berusaha untuk memalsukan dokumen untuk menyembunyikan petunjuk kerja; Komite Pabrik Pabrik terpaksa mencari cara untuk menggali dokumen tersebut. Pemilik mencoba untuk melucuti karya - karyanya -sehingga komite harus memutuskan bahwa tidak ada yang harus masuk atau keluar dari pabrik tanpa izin. Ketika pabrik tersebut akan ditutup karena kekurangan bahan bakar, bahan baku atau pesanan, Komite Toko Pabrik harus mengirim orang ke setengah Rusia, ke tambang atau turun ke Kaukasus untuk mencari minyak dan ke Krimea untuk mendapatkan kapas; Dan agen harus dikirim oleh pekerja untuk menjual produk tersebut. Dalam penggunaan kereta api, agen komite harus membuat kesepakatan dengan Serikat Pekerja Kereta Api untuk pengangkutan barang. Untuk mencegah pemogokan , komite harus mengambil alih fungsi mempekerjakan dan memberhentikan pekerja.

Jadi, Komite Pabrik Pabrik adalah bentukan anarki Rusia, dipaksa oleh keharusan untuk belajar bagaimana mengelola industri, sehingga ketika saatnya tiba, pekerja Rusia dapat mengambil alih kendali sebenarnya dengan sedikit gesekan.

Sebagai contoh bagaimana massa bekerja sama, ada masalah dua ratus ribu poods (1 poods=16,38 kg) batubara yang diambil dari bunker armada Baltik pada bulan Desember dan diserahkan oleh komite pelaut untuk menjaga pabrik Petrograd tetap berjalan selama kelangkaan batubara.

Obukhov Works adalah persediaan pabrik baja untuk Angkatan Laut. Ketua komite Obukhov adalah orang Rusia-Arnerican, Petrovsky dikenal sebagai seorang anarkis. Suatu hari mandor dari departemen torpedo mengatakan kepada Petrovsky bahwa departemen tersebut harus ditutup karena ketidakmungkinan membeli tabung kecil tertentu yang digunakan dalam pembuatan torpedo. Tabung itu diproduksi oleh sebuah pabrik di seberang sungai yang produknya dikontrak selama tiga bulan ke depan. Penutupan departemen torpedo berarti empat ratus orang akan kehilangan pekerjaan.

"Saya akan mendapatkan tabungnya," kata Petrovsky. Dia langsung pergi ke pabrik tabung, di mana, alih-alih memanggil manajernya, dia mencari ketua Komite Pabrik Barang setempat. 'Kawan', dia berkata, 'Jika kita tidak mendapatkan tabung dalam dua hari, departemen torpedo kita harus ditutup, dan empat ratus anak laki-laki akan keluar dari pekerjaan.'

Ketua melihat pembukuan pabriknya dan menemukan bahwa beberapa ribu tabung dikontrak oleh tiga pabrik swasta di sekitarnya. Dia dan Petrovsky kemudian mengunjungi ketiga pabrik ini dan bertemu ketua Komite Pabrik. Di dua pabrik ditemukan bahwa tabung tidak segera dibutuhkan; Dan keesokan harinya tabung dikirim ke Obukhov Works dan departemen torpedo tidak jadi ditutup.

Di Novgorod ada pabrik tekstil. Pada saat pecahnya revolusi pemilik mengatakan pada dirinya sendiri. "Masalah datang. Kami tidak akan bisa menghasilkan keuntungan saat revolusi ini berlangsung. Mari kita matikan pekerjaan sampai benda itu meledak. " Jadi dia menutup usahanya, dia serta petugas kantor, ahli kimia, insinyur dan manajer, naik kereta api pergi menuju Petrograd. Keesokan paginya para pekerja membuka pabrik.

Sekarang para pekerja ini mungkin sedikit lebih bodoh daripada kebanyakan pekerja. Mereka tidak mengetahui proses teknis pembuatan, pembukuan atau manajemen atau penjualan. Mereka memilih sebuah Komite Toko Pabrik dan menemukan sejumlah bahan bakar dan bahan baku yang tersedia, lalu mulai bekerja untuk membuat kain katun.

Tidak tahu apa yang dilakukan dengan kain katun saat diproduksi, mereka pertama kali melakukan gotong royong. Selanjutnya, ketika beberapa alat tenun rusak, mereka mengirim seorang delegasi ke sebuah toko mesin terdekat yang mengatakan bahwa mereka akan memberi kain katun sebagai barter bantuan mekanik. Hal lain juga dilakukan, mereka membuat kesepakatan dengan koperasi kota setempat untuk memasok kain sebagai barter makanan. Mereka bahkan memperluas prinsip barter sejauh untuk menukar baut kain untuk bahan bakar dengan penambang batubara di Kharkov dan dengan anggota Railwaymen's Union untuk transportasi.

Tapi akhirnya mereka memenuhi pasar lokal dengan kain katun dan kemudian mereka menukar kain yang tidak dapat memuaskan – membayar orang untuk menggunakan kain mereka. Ini terjadi pada masa Pemerintahan Sementara ketika masih ada tuan tanah. Penyewa harus dipuaskan dengan uang. Jadi mereka membawa dan mengirim kain dengan kereta api ke Moskow dengan seorang komite yang bertanggung jawab. Komite meninggalkan kereta di stasiun, lalu menuruni jalan. Dia datang ke toko penjahit dan menanyakan apakah penjahit itu membutuhkan kain.

"Berapa harganya?" Tanya si penjahit.

'Biaya kereta', jawab orang komite itu

"Berapa biayanya?"

"Saya tidak tahu. Apa yang biasanya kamu bayar untuk kain? '

Penjahit itu mendapatkan kainnya untuk sebuah lagu, dan orang komite itu, yang belum pernah melihat begitu banyak uang sebelumnya, kembali ke Novgorod dengan sangat gembira.

Jadi, di seluruh Rusia para buruh mendapatkan pendidikan yang diperlukan dalam dasar-dasar produksi industri dan bahkan distribusi, sehingga ketika Revolusi November datang mereka dapat mengambil tempat mereka dalam mekanime kontrol buruh.

Pada bulan Juni 1917, pertemuan pertama delegasi dari komite pabrik toko diadakan. Pada saat itu komite hampir tidak menyebar ke luar Petrograd. Itu adalah pertemuan yang luar biasa yang terdiri dari delegasi dari jajaran dan arsip sebenarnya, kebanyakan dari mereka Bolshevik, banyak di antaranya Anarcho-Syndicalists; Dan karakternya adalah protes terhadap taktik serikat buruh. Di dunia politik, kaum Bolshevik mengulangi bahwa tidak ada sosialis yang memiliki hak untuk berpartisipasi dalam pemerintahan koalisi dengan borjuasi. Pertemuan delegasi komite toko menempatkan dirinya secara resmmengambili sikap yang sama terhadap industri. Dengan kata lain, kelas penguasaha dan kelas buruh tidak memiliki kepentingan yang sama; Tidak ada buruh sadar kelas yang bisa menjadi anggota dewan arbitrase atau konsiliasi kecuali untuk memberitahu majikan tentang tuntutan buruh. Tidak ada kontrak antara pengusaha dan buruh. Produksi industri harus benar-benar dikuasai oleh para buruh.

Awalnya, serikat buruh bertempur pahit melawan Komite Toko Pabrik. Tapi komite toko, yang berada dalam posisi untuk mengendalikan managemen industri tepat dijantungnya, dengan mudah memperluas dan mengkonsolidasikan kekuatan mereka. Banyak orang-orang yang bekerja tidak dapat melihat perlunya bergabung dengan serikat buruh; Tapi mereka semua melihat perlunya berpartisipasi dalam pemilihan komite toko yang mengendalikan pekerjaan langsung mereka. Di sisi lain, komite toko mengakui nilai serikat buruh; Tidak ada buruh baru yang dipekerjakan kecuali jika dia bisa menunjukkan kartu serikat; Itu adalah komite toko yang menerapkan peraturan serikat buruh setempat secara lokal. Pada saat ini serikat buruh dan Komite Pabrik Toko bekerja dalam harmoni yang sempurna, masing-masing di tempatnya.



Bersambung ke bagian empat

No comments

Powered by Blogger.