Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

BURUH - PETANI BERKUASA; BELAJAR DARI REVOLUSI 1917--BAGIAN KEDUA

Pertemuan Soviet Petrogad, 1917


PENDIRIAN SOVIET

Soviet didasarkan langsung pada para buruh di pabrik dan petani di lahan. Awalnya delegasi Soviet Buruh, Soviet Tentara dan Soviet Petani dipilih sesuai peraturan yang bervariasi sesuai kebutuhan dan populasi di daerah yang berbeda-beda. Di beberapa desa, para petani memilih satu delegasi untuk masing-masing lima puluh pemilih. Prajurit di garnisun diberi sejumlah delegasi untuk setiap resimen, terlepas dari seberapun kekuatannya; Tentara di lapangan, bagaimanapun, memiliki metode yang berbeda untuk memilih Soviet mereka. Sedangkan untuk para buruh di kota-kota besar, mereka segera mengetahui bahwa Soviet mereka menjadi besar kecuali delegasi dibatasi satu orang mewakili lima ratus orang. Dengan cara yang sama, Kongres ke dua Soviet Seluruh Rusia pertama-tama didasarkan pada satu delegasi untuk masing-masing dua puluh lima ribu pemilih, namun kenyataannya delegasi mewakili daerah pemilihan dengan berbagai ukuran.

Sampai Februari 1918 siapa pun bisa memilih delegasi ke Soviet. Bahkan kaum borjuasi mengorganisir dirinya dan menuntut perwakilan di Soviet, mereka yakin akan diberikan. Misalnya, selama rezim Pemerintahan Sementara ada perwakilan borjuis di Soviet Petrograd - sebuah delegasi Serikat Orang-orang Profesional yang terdiri dari dokter, pengacara, guru, dan lain-lain.

Pada akhirnya, konstitusi Soviet disusun secara rinci dan diterapkan secara universal. Yaitu: semua warga (baik perempuan maupun laki-laki) Republik Sosialis Rusia yang akan memasuki usia delapan belas tahun pada hari pemilihan atau di atasnya; Semua yang telah memperoleh sarana hidup melalui tenaga kerja yang produktif dan berguna bagi masyarakat dan yang tergabung dalam serikat pekerja. Dikecualikan dari hak untuk memilih adalah: pengusaha; Orang-orang yang mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga tanah tanpa bekerja; Pedagang dan agen bisnis swasta; Pemilik komunitas religius; Mantan anggota dan perwira polisi ; Mantan dinasti yang berkuasa; Kekurangan mental; Orang tuli dan bisu; Dan mereka yang telah dihukum karena memetingkan diri sendiri dan kelakuan yang tidak terhormat.


Sejauh menyangkut para petani, dari seratus petani terpilih satu perwakilan ke Volost atau Kotapraja Soviet. Soviet Volost ini mengirim delegasi ke Uyezd atau kabupaten yang pada gilirannya mengirim delegasi ke Oblast atau provinsi yang juga merupakan delegasi terpilih dari Soviet Buruh di kota-kota.

Deputi Buruh Petrograd Soviet dan Deputi Angkatan Darat, yang beroperasi saat saya berada di Rusia, dapat menjadi contoh bagaimana fungsi unit-unit perkotaan dari pemerintahan di bawah negara sosialis. Terdiri dari sekitar 1200 deputi dan dalam keadaan normal diadakan sesi pleno setiap dua minggu. Sementara itu, Komite Eksekutif Pusat memilih 110 anggota berdasarkan proporsional kelompok dan Komite Eksekutif Pusat ini menambahkan delegasi undangan dari komite pusat semua partai politik, komite pusat serikat pekerja profesional, komite pabrik pabrik, dan organisasi demokratik lainnya.

Selain Kota Soviet yang besar ada juga Rayori atau Soviet yang lebih kecil. Terdiri dari para deputi yang dipilih dari kelompok masing-masing ke Kota Soviet, dan mengelola bagian kota mereka. Tentu saja, di beberapa lingkungan tidak ada pabrik dan karena itu biasanya tidak ada perwakilan kelompok baik di Soviet Kota atau Soviet Soviet mereka sendiri. Tapi sistem Soviet sangat fleksibel dan jika para juru masak/pelayan, penyapu jalan, tukang kebun atau supir taksi dari kelompok itu mengorganisir diri dan menuntut perwakilan, mereka diizinkan menjadi delegasi.

Pemilihan delegasi didasarkan pada perwakilan proporsional yang berarti bahwa partai politik diwakili dalam proporsi yang tepat dengan jumlah pemilih di seluruh kota. Dan itu adalah partai politik dan programnya yang dipilih -bukan kandidat. Para kandidat ditunjuk oleh komite pusat partai politik yang dapat menggantikannya dengan anggota partai lainnya. Juga delegasi tidak dipilih untuk istilah tertentu namun dapat diganti setiap saat.

Tidak ada lembaga politik yang lebih sensitif dan responsif terhadap kemauan rakyat yang pernah ada sebelumnya. Dan ini perlu, karena pada saat revolusi segala sesuatu akan berubah dengan cepat. Misalnya, pada minggu pertama bulan Desember 1917, parade dan demonstrasi yang mendukung Majelis Konstituante - yang menyatakan melawan kekuatan Soviet- di mana parade ini ditembak oleh beberapa Tentara Merah yang tidak bertanggung jawab, dan beberapa orang terbunuh. Reaksi terhadap kekerasan bodoh ini segera terjadi. Dalam dua belas jam situasi Soviet Petrograd berubah. Lebih dari selusin deputi Bolshevik ditarik dan digantikan oleh kelompok Menshevik. Dan itu terjadi selama tiga minggu sebelum akhirnya sentimen publik mereda - sebelum orang-orang Menshevik mengundurkan diri satu per satu dan orang-orang Bolshevik dikirim kembali .

Paling tidak dua kali setahun delegasi dipilih dari seluruh Rusia ke Kongres Soviet Seluruh Rusia. Secara teoritis delegasi ini dipilih oleh pemilihan langsung rakyat : dari provinsi-provinsi, satu untuk masing-masing seratus dua puluh lima ribu pemilih - dari kota-kota, satu untuk masing-masing dua puluh lima ribu; Namun dalam praktiknya, biasanya mereka dipilih oleh Soviet provinsi dan Soviet kota. Sidang Kongres luar biasa dapat diselenggarakan sewaktu-waktu atas prakarsa Komite Central Eksekutif Seluruh Rusia atau atas permintaan Soviet yang mewakili sepertiga populasi buruh Rusia.

Badan yang terdiri dari sekitar dua ribu delegasi ini bertemu di ibukota dalam bentuk Soviet yang sangat besar, dan menetapkan kebijakan-kebijakan nasional. Memilih Komite Eksekutif Pusat, seperti Komite Sentral Soviet Petrograd yang mengundang delegasi dari komite pusat semua organisasi demokratis.

Komite Eksekutif Pusat Soviet yang diperluas ini adalah parlemen Republik Rusia. Terdiri dari sekitar tiga ratus lima puluh orang. Di antara dua Kongres Seluruh Rusia ini adalah otoritas tertinggi; Tidak boleh bertindak di luar garis yang ditetapkan oleh Kongres terakhir, dan sepenuhnya bertanggung jawab atas semua tindakannya ke Kongres berikutnya. Misalnya, Komite Eksekutif Pusat dapat melakukan dan memerintahkan agar perjanjian perdamaian dengan Jerman ditandatangani, namun perjanjian tersebut tidak dapat mengikat Rusia. Hanya Kongres Seluruh Rusia yang memiliki kekuatan untuk meratifikasi perjanjian tersebut.

Komite Eksekutif Pusat memilih diantara sebelas komisaris untuk menjadi ketua komite yang bertanggung jawab pada berbagai cabang pemerintahan, sebagai menteri. Komisaris ini dapat dipanggil kembali setiap saat. Mereka harus bertanggung jawab kepada Komite Eksekuitf Pusat. Komisaris-komisaris ini memilih seorang ketua. Sejak pemerintahan Soviet terbentuk, ketua - atau Perdana Mentri– dijabat Nicolai Lenin. Jika kepemimpinannya tidak memuaskan, Lenin dapat dipanggil kembali setiap saat oleh delegasi massa rakyat Rusia atau secara langsung oleh rakyat Rusia sendiri dalam hitungan beberapa minggu.

Fungsi utama Soviet adalah pertahanan dan konsolidasi Revolusi. Mereka mengekspresikan kemauan politik rakyat, tidak hanya di Kongres Seluruh Rusia, tidak hanya untuk seluruh negara, tapi juga di daerah mereka sendiri dimana otoritas mereka praktis yang tertinggi. Desentralisasi ini ada karena Soviet-soviet lokal menciptakan pemerintah pusat dan bukan pemerintah pusat Soviet setempat. Meskipun ada otonomi daerah, keputusan dari Komite Eksekutif Pusat dan perintah Komisaris berlaku di seluruh negeri karena di bawah Republik Soviet tidak ada kepentingan golongan atau kepentingan pribadi, dan penyebab dari Revolusi di semua tempat adalah sama.

Para pengamat yang kurang pengetahuan, kebanyakan dari kalangan intelek kelas menengah, sangat senang berkomentar bahwa mereka mendukung Soviet, tapi melawan kaum Bolshevik. Ini adalah absurd. Memang benar, Soviet adalah organ representasi kelas pekerja yang paling sempurna, tapi juga senjata kediktatoran proletar, yang oleh semua pihak anti-Bolshevik ditentang dengan sengit. Jadi ukuran ketaatan masyarakat terhadap kebijakan kediktatoran proletar tidak hanya diukur oleh keanggotaan Partai Bolshevik - atau, yang sekarang disebut, Partai Komunis - tetapi juga oleh pertumbuhan dan aktivitas Soviet lokal di seluruh Rusia.


Bersambung ke bagian ketiga

No comments

Powered by Blogger.