Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

BURUH - PETANI BERKUASA; BELAJAR DARI REVOLUSI 1917--BAGIAN KEEMPAT(TAMAT)

Pertemuan Soviet Petrogad 1917


PEMILIK PRIBADI

Industri dengan kepemilikan pribadi di Rusia belum sepenuhnya dihapuskan. Di banyak pabrik pemiliknya masih memegang jabatan dan membiarkan sejumlah keuntungan terbatas atas investasinya dengan syarat ia bekerja untuk kesuksesan dan peningkatan ruang lingkup perusahaan; Tapi kontrol diambil darinya. Industri-industri yang pemiliknya berusaha untuk melarang buruh mereka untuk bekerja atau dengan kecurangan atau kekuatan, mencoba menghalangi pabrik beroperasi, segera disita oleh buruh. Kondisi kerja, jam dan upah di semua industri, swasta atau milik pemerintah, dibuat sama.

Alasan untuk bertahannya semi kapitalisme ini, dalam negara proletar, terletak pada keterbelakangan kehidupan ekonomi Rusia, negara-negara kapitalis yang sangat terorganisir, dan kebutuhan untuk segera berproduksi industri-industri di Rusia, guna melawan tekanan industri asing.



DEWAN KONTROL BURUH


Lembaga yang mengontrol industri, baik tenaga kerja maupun produksi disebut Dewan Kontrol Buruh. Lembaga pusat yang duduk di ibu kota ini terdiri dari delegasi yang dipilih dari Dewan Kontrol Buruh setempat yang terdiri dari anggota Komite Pabrik, pejabat Serikat Profesional, dan insinyur teknik/ahli. Sebuah komite eksekutif pusat mengelola urusan masing-masing wilayah, terdiri dari buruh biasa, namun mayoritas terdiri dari buruh dari distrik lain, sehingga keputusannya tidak berpihak pada kepentingan sempit. Dewan lokalah yang merekomendasikan kepada Dewan Seluruh Rusia untuk menyita pabrik, melaporkan kebutuhan bahan bakar, bahan baku, transportasi dan tenaga kerja di kabupaten mereka dan membantu para buruh dalam belajar mengelola berbagai industri. Dewan Seluruh Rusia memiliki kekuatan untuk menyita pabrik dan untuk menyeimbangkan sumber daya ekonomi dari berbagai tempat.


Jika bukan karena organisasi demokrasi yang sudah ada sebelum revolusi, tidak diragukan lagi bahwa revolusi Rusia akan jatuh berlutut jauh sebelum saat ini. Mekanisme distribusi komersial biasa telah hancur total. Hanya masyarakat koperasi yang memproduksi sendiri kebutuhannya, yang berhasil memberi makan orang-orang, dan sistem mereka sejak saat itu diadopsi oleh pemerintah kota dan bahkan oleh pemerintah. Sebelum revolusi, ada lebih dari dua belas juta anggota masyarakat koperasi Rusia. Ini adalah cara yang sangat alami bagi orang-orang Rusia untuk bergabung, karena kemiripannya dengan kerja sama primitif dalam kehidupan desa di Rusia selama berabad-abad. Di pabrik Putilov, di mana lebih dari 40.000 pekerja dipekerjakan, masyarakat koperasi memberi makan, menampung dan bahkan memberikan pakaian lebih dari 100.000 orang - mengirim pakaian dengan menggunakan semua cara ke Inggris.


PENUTUP


Ini adalah kualitas di Rusia yang dilupakan oleh orang-orang yang berpikir bahwa Rusia tidak dapat memiliki pemerintahan karena tidak ada kekuatan yang tersentral; Dan imaginasinya tentang Rusia adalah sebuah komite pelayan di Moskow yang diperintah oleh Lenin dan Trotsky dan dijaga oleh tentara bayaran Garda Merah. Justru kebalikannya yang benar. Organisasi yang telah saya gambarkan di atas, direproduksi di hampir setiap komunitas di Rusia. Dan jika ada bagian besar dari Rusia yang secara serius menentang pemerintah Soviet, Soviet tidak bisa bertahan satu jam pun.


Sumber : https://www.marxists.org/

No comments

Powered by Blogger.