Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

Pandangan Ekonomi Che Guevara, Bagian Kedua





Kritik terhadap Manual Ekonomi Politik Soviet
(Sambungan dari bagian pertama)

Pada bulan April 1965, Guevara meninggalkan Kuba untuk memimpin sebuah misi militer Kuba di Kongo. Gerilyawan dikalahkan dan Guevara tinggal di Tanzania dan Republik Ceko antara tahun 1965 dan 1966 di mana dia mulai mengerjakan analisis komprehensif mengenai ekonomi politik selama transisi sosialisme. Dalam persiapan untuk pekerjaan ini, Guevara mengambil catatan-catatan pada Manual Soviet, menerapkan argumen teoritisnya yang diuraikan dalam Debat Akbar ke teks itu. Catatan ini tidak ditulis untuk dipublikasikan, juga tidak dimaksudkan sebagai sebagai sebuah naskah yang utuh. Itu adalah komentar untuk menanggapi paragraf-paragraf tertentu dalam Manual ; Catatan ini untuk dirinya sendiri, termasuk menandakan bidang mana saja yang perlu dipelajari lebih lanjut. [17]


Guevara mengkritik adaptasi yang mekanis dari Manual tentang konsep klasik Marxis mengenai hubungan kelas antara kaum borjuis dan kelas pekerja, tanpa mempertimbangkan dampak imperialisme yang telah menciptakan kelas pekerja istimewa di negara-negara kapitalis maju serta sektor-sektor yang mendapatkan keuntungan dari negara-negara yang dieksploitasi.

Dia mengecam sebagai oportunisme upaya-upaya Manual itu untuk mengaburkan kekerasan-inheren dalam perjuangan kelas, yang merupakan kesatuan tak terpisahkan, termasuk pada masa transisi dari kapitalisme menuju sosialisme.

Beralih ke masa transisi, Guevara bersikeras bahwa sistem pertanian kolektif Kolkhoz di Uni Soviet bukanlah merupakan karakteristik sistem sosialisme dan bahwa koperasi bukanlah bentuk kepemilikan sosialis - mereka menghasilkan suprastruktur kapitalistik yang bertentangan dengan kepemilikan negara dan hubungan sosialis, yang memaksakan logika mereka sendiri terhadap masyarakat.







Guevara secara sistematis membantah apa yang disebut undang-undang sosialisme yang dikutip dalam Manual, terutama hukum tentang peningkatan produktivitas pekerja - yang dia sebut sebagai penghinaan 'Ini adalah kecenderungan yang telah mendorong kapitalisme selama berabad-abad.' [18] Dia mengutuk kebijakan Soviet sebagai ' Bahaya ' mengenai koeksistensi (hidup berdampingan secara damai) dan persaingan ekonomi dengan negara-negara kapitalis maju, serta menunjukkan adanya perselisihan serius antara negara-negara sosialis, dan menyalahkan mereka atas pertukaran yang tidak setara dan penggunaan kategori-kategori kapitalis dalam hubungan dagang. [19]

Sembari menyatakan kekaguman, rasa hormat atas keberanian Lenin dan motif revolusionernya, Guevara menyatakan bahwa Leninlah penyebab utama-- karena Kebijakan Ekonomi Baru (New Economic Policy - NEP) yang terpaksa dilakukan pada tahun 1921, yang menerapkan suprastruktur kapitalis di Uni Soviet. NEP tidak diberlakukan untuk melawan produksi komoditi kecil, namun justru tuntutan darinya, kata Guevara. Produksi komoditi kecil adalah benih bagi perkembangan kapitalisme. Dia yakin Lenin akan membalikkan NEP jika dia hidup lebih lama.

Namun, para pengikut Lenin: 'tidak melihat bahaya ini dan NEP tetap menjadi kuda Trojan besar di dalam sosialisme, yaitu kepentingan material langsung sebagai tuas pengungkit ekonomi.' [20] Suprastruktur kapitalis ini bercokol kuat, mempengaruhi hubungan produksi dan menciptakan sistem hibrida, antara sosialisme dengan unsur-unsur kapitalis yang pasti menimbulkan konflik dan kontradiksi yang semakin berujung pada kemenangan suprastruktur - kapitalisme telah kembali ke blok Soviet. [21]

Catatan Guevara merupakan kritik mendalam terhadap ekonomi politik Soviet. Dia sendiri sudah memperingatkan bahwa beberapa orang akan salah menafsirkan karya yang diajukannya sebagai anti-komunisme yang menyamar dalam argumen teoritis, namun dia menegaskan, yang mengacu pada Marx di halaman-halaman awal Capital, yang menyatakan bahwa ilmu ekonomi borjuis tidak mampu mengritik dirinya sendiri, dan ini juga terlihat pada Marxisme dewasa ini.


Dia mendedikasikan karyanya untuk para siswa Kuba yang sedang menjalani proses menyakitkan, mempelajari 'kebenaran-kebenaran abadi' yang terdapat dalam buku-buku panduan dari Eropa Timur. Dia menyimpulkan bahwa: Kemanusiaan menghadapi banyak kejutan sebelum hari pembebasan tiba , tapi kita tidak dapat sampai di sana tanpa pertama-tama terjadi perubahan radikal dalam strategi kekuatan sosialis yang paling penting. [22]




Siempre dando el ejemplo #HistoriadeCuba #NuestroChe
Dikirim oleh La Historia de Cuba pada 22 Juni 2017







Kesimpulan

Makalah ini merangkum analisisa-analisa, yang didalamnya Guevara telah memperingatkan runtuhnya sosialisme di blok sosialis. Dia memberikan kontribusi penting bagi teori dan praktik pembangunan sosialisme. Dia berharap bisa meyakinkan negara-negara sosialis untuk secara bertahap mengganti mekanisme kapitalis selama transisi dan menawarkan kebijakan alternatif untuk menjalankan fungsi ini. Peringatannya tidak diperhatikan, dan karena alasan yang antara lain telah diprediksi oleh Guevara, kapitalisme kembali ke semua negara tersebut.

Di Kuba, analisisnya ditinjau kembali pada pertengahan tahun 1980an pada periode yang dikenal sebagai perbaikan dari model Soviet, sebelum Soviet ambruk, yang bisa dibilang telah berkontribusi terhadap kelangsungan hidup sosialisme Kuba sekarang ini.


Catatan :


[1] Ernesto 'Che' Guevara, 'Reunion Bimestrales', 20 January 1962, in El Che en la Revolución Cubana: Ministerio de Industrias, tomo VI. La Habana: Ministerio de Azúcar, 1966, 147.
[2] Guevara, Apuntes Críticos a la Economía Política. La Habana: Ciencias Sociales, 2006, 27 & cited by Orlando Borrego in El Camino del Fuego, la Habana: Imagen Contemporánea, 382.
[3] This paper assumes knowledge of the laws governing the operation of the capitalist system expounded by Marx in Capital.
[4] Miguel Figueras, interview, 27 January 2006, Enrique Oltuski, interview, 15 February 2006 & Alfredo Menéndez, interview, 17 February 2005.
[5] Guevara, Bimestrales, 21 December 1963, 420.
[6] Guevara, Bimestrales, 14 July 1962, 289.
[7] Guevara, Bimestrales, 28 September 1962, 318-9.
[8] Guevara, 'On the Concept of Value' in Bertram Silverman (ed) Man and Socialism in Cuba: The Great Debate, New York: Atheneum, 234.
[9] Guevara, 'Socialism and Man in Cuba' in Silverman (ed) Socialism, 342.
[10] Guevara, 'On the Budgetary Finance System', in Socialism, 143.
[11] Guevara, Budgetary, 42. Guevara's italics.
[12] My book, Che Guevara: The Economics of Revolution, details these policies.
[13] Guevara, Budgetary, 143.
[14] Guevara, 'The Meaning of Socialist Planning' in Socialism, 109.
[15] Guevara, Bimestrales, 11 July 1964, 505.
[16] Guevara, Bimestrales, December 1964, 566-9.
[17] First published in Havana, February 2006 as Apuntes, cited above.
[18] Guevara, Apuntes, 52.
[19] Guevara, Apuntes, 91-2, 185-6, 192-3.
[20] Guevara, Apuntes, 112.
[21] Guevara, Apuntes, 27.
[22] Guevara, Apuntes, 25-28 & Borrego, Camino, 381-383.

No comments

Powered by Blogger.