Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

Mogok Nasional AMT (Hari Pertama)






Hari ini (19 Juni 2017), ribuan Awak Mobil Tangki Pertamina diberbagai daerah telah memulai aksi Mogok Kerja yang berskala Nasional. Sesuai dengan rencana, Mogok Nasional dilakukan mulai hari ini hingga 26 Juni mendatang. Mogok Nasional ini pengalaman pertama AMT Petamina--bahkan terkait dukungan datang dari baragam kelompok dan bentuk. Sebelumnya di tahun 2016 hanya Plumpang Jakarta Utara yang Mogok Kerja, untuk tahun ini di tiga pula yakni: Jawa (trmasuk Banten), Sulawesi dan Sumantera.



Secara serentak pukul 00.00 hari Senin, seluruh daerah malakukan aksi pembukaan. Di Plumpang, Jakarta Utara, ratusan AMT baik yang telah di PHK maupun masih bekerja pukul 00.15 berkumpul untuk melaksanakan pembukaan. Gemuruh suara nyanyian Indonesia Raya mengantar Awak Mobil Tangki pada detik-detik Mogok Nasional. Teriakkan "hidup AMT se-Indonesia--Lawan PHK liar--Hapus Outsourcing", disambut Nuratmo selaku ketua PK SBTPI-FBTPI Plumpang dengan pidato dihadapan seluruh AMT didepan kantor Pertamina Plumpang sekaligus menyatakan bahwa Mogok Nasional AMT tahun 2017 sudah dimulai. 


Setelah Nuratmo, ada juga pidato solidaritas dari Hasim Ilyas/Ocul dari Federasi Mahasiswa Kerakyatan, kemudian pidato Budi Wardoyo/Yoyok dari Politik Rakyat. Terlihat juga perwakilan dari M. Arira/Bire EN Liga Mahasiswa Nasional Demokrasi dan Tiar dari SPSI. 

Senin pagi, genggap gempita ribuan AMT se-Indonesia dalam satu perjuangan. tidak pantang melawan terik panas, yang mana sebagian besar dari mereka berpuasa, ditengah kehidupan yang semakin susah akibat ulah pengusaha serakah, mereka yang di PHK tanpa hak yang terpenuhi--tetap teguh berdiri untuk menegakkan keadilan bagi buruh di Indonesia termasuk mereka supir tangki. Terlebih lagi, sebagian AMT yang masih bekerja pun turut berjuang untuk membela kawannya yang di PHK, serta bagi perubahan sistem yang hari masih membelenggu mereka. Beberapa aksi mogok AMT berlangsung diberbagai daerah secara bersamaan, diantaranya:

Plumpang, Jakarta Utara, Melalui siaran langsung yang diluncurkan oleh tim media Suara KPBI (Fanpage Facebook), sejak pagi tadi Awak Mobil Tangki Depot Plumpang, Jakarta Utara, menggelar aksinya di depan Depot Pertamina Plumpang. Di hari pertama pemogokan ini, AMT Pertamina tidak berjuang sendiri, akan tetapi ada beberapa orasi solidaritas dari serikat buruh, mahasiswa, organisasi perempuan seperti Jumisih (FBLP), Priya (FKUI), Mutiara Ika (Perempuan Mahardhika), Bire (EN LMND), dan lainnya. 

Plumpang, Jakarta Utara


Makassar, Sulawesi Selatan, dimana 190 Awak Mobil Tangki Pertamina menggelar mogok kerja mulai hari ini. AMT Depot Makassar sejak persiapan hingga hari pertama pemogokan berjalan bersama mahasiswa yakni Front Mahasiswa Kerakyatan dan Serikat Perempuan Indonesia dan Study Club KAPAK UMI.

Makassar, Sulawesi Selatan


Surabaya, Jawa Timur, yang pada saat pembukaan mogok pukul 00.15 terjadi perdebatan dengan pihak kepolisian yang mencegah 300an AMT yang mendirikan tenda mogok. Pihak kepolisian juga mencoba menggagalkan pemogokan dengan tawaran negosiasi, namun AMT Pertamina Depot Surabaya tidak mundur, mereka tetap membuka mogok sekaligus memasang atribut-atribut pomogokan di lingkungan Depot tersebut. 

Surabaya, Jawatimur

Aga juga di bagian lain di Jawa timur, tepatnya di Banyuwangi, AMT memulai aksi pukul 00.00 AMT, dimana 156 AMT menggelar aksi pembukaan sekaligus membangun tenda mogok didepan Depot Pertamina Banyuwangi, kecamatan Ketapang. 

Banyuwangi, Jawa Timur


Ujung Berung, Jawa Barat, puluhan AMT mogok sebagai bentuk solidaritas baik ratusan supir tangki se-indonesia yang di PHK dan juga 18 supir tangki Depot Ujung Berung yang di PHK, serta 13 tuntutan yang diangkat secara nasional. 

Ujung Berung, Jawa Barat


Tegal, Jawa Tengah, puluhan AMT turut melakukan aksi mogok nasional, dimana mereka melakukan mogok sebagai bentuk solidaritas terhadap ratusan AMT di Plumpang dan daerah lainnya yang di PHK sepihak dan mengecam atas tindakan PT. Pertamina Patra Niaga yang merampas hak supir tangki.

AMT Tegal, Jawa Tengah


Bandar Lampung, 80an AMT juga turut mogok sejak pukul 07.0o di depan Kantor Pertamina Depot Panjang. Mereka menyatakan akan melakukan mogok nasional ini untuk 14 AMT Lampung yang PHK sepihak dan akan terus mogok hingga tuntutan secara nasional terpenuhi.

AMT Bandar Lampung


Aksi yang serupa berlangsung juga saerah lainnya, seperti ratusan AMT Padalarang, Jawa Barat yang mogok di depan Depot Pertamina, begitu juga dengan AMT Depot Pertamina Merak (Banten) yang mana 26 diantaranya di PGK sepihak serta hak yang tidak terpenuhi.

Di Padalarang, Jawa Barat


Di Merak, Banten



(Solidairtas) Aksi Dorong Motor. Semangat perjuangan menembus ke daerah yang tidak ada pemogokan AMT, seperti di Yogyakarta, meski tidak ada pemogokan AMT disana, namun aksi digelar oleh sekolompok mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat untuk Solidaritas (ARUS) untuk mendukung Mogok Nasional AMT, dengan mendorong motor dari titik yang ditentukan ke kantor Pertamina Yogyakarta. 


Para mahasiswa itu bersama sejumlah buruh dari Federasi SERBUK Yogyakarta yang tegas mengutuk kejahatan ang dilakukan oleh PT. Pertamina Patra Niaga bersama vendor-vendornya, mereka juga mendukung penuh tuntutan AMT Pertamina.



Dilansir dari salah seorang pengguna Facebook yang mengunggah informasi bahwa 3 SPBU di Sukabumi tutup, karena kehabisan persediaan BBM. Dalam status FB tersebut, menyangkal pernyataan dari Pihak PT. Pertamina Patra Niaga yang mengaktan bahwa distribusi BBM tidak akan mengalami gangguan.

No comments

Powered by Blogger.