Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

GERAKAN PETANI TAK-BERTANAH (MST) BRAZIL BERANTAS BUTA HURUF BERSAMA KUBA


Program ini menggunakan alat-alat audiovisual dan teknik inovatif untuk mengajar siswa bagaimana membaca dan menulis dengan cepat.

Gerakan Petani tak bertanah Brasil telah menagajar setidaknya 7.000 orang untuk membaca dan menulis di timur laut negara bagian Maranhao bersama dengan program keaksaraan orang dewasa Kuba, "Yo Si Puedo," atau "Saya harus bisa."

Menjadi acuan program pembangunan manusia di wilayah Brasil, MST mengembangkan proyek dengan dukungan dari otoritas negara. Menurut perkiraan resmi, sekitar 16 persen atau setara dengan 1 juta dari populasi Maranhao ini - buta huruf.

Pemimpin MST Simone Pereira berkomentar bahwa proyek semacam ini menunjukkan “satu langkah lebih dekat menuju pembebasan kelas pekerja dan petani,” dirinya menambahkan bahwa mahasiswa juga mendesak isu-isu lain seperti makanan, kekerasan gender, dan akses yang sama terhadap pendidikan.

Lebih dari 10 juta orang di 30 negara sekarang telah belajar untuk membaca dan menulis melalui program Kuba. "Yo Si Puedo" saat ini beroperasi di sekitar 30 negara, mulai dari Venezuela, Nigeria, Spanyol dan Australia. Banyak negara yang telah menggunakan program tersebut, sebagai hasilnya tingkat buta huruf munurun drastis.


Program ini menggunakan alat-alat audiovisual dan teknik inovatif untuk mengajar siswa bagaimana membaca dan menulis dengan cepat, berdasarkan anjuran para peneliti. Program ini disesuaikan secara khusus pada area geografis di mana ia diterapkan. Bahkan kosakata lokal juga digunakan.

Sumber: telesurtv.net

No comments

Powered by Blogger.