Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

KENAPA KRISIS BISA TERJADI DI VENEZUELA--BAGIAN III




Inflasi yang dipaksakan
21. Menurut Curcio, strategi ini sangat bisa dilakukan karena karakteristik dan determinasi historis ekonomi Venezuela. Faktanya “produksi, impor dan distribusi barang dan jasa terkonsentrasi hanya di sedikit orang saja". Tiga persen dari perusahaan ekonomi yang terdaftar di negara tersebut mengendalikan mata uang asing untuk impor, sementara itu ada juga "ketergantungan yang tinggi pada impor".

22. Monopoli impor dan para bankir ini, yang tidak menghasilkan barang tapi hanya menghasilkan keuntungan luar biasa melalui selisih harga antara apa yang mereka beli di luar negeri dan apa yang mereka jual di dalam negeri, menetapkan harga barang yang mereka impor (barang-barang kebutuhan pokok, di antaranya makanan dan barang-barang yang diperlukan untuk produksi dan transportasi) secara oligopolistik (monopoli oleh beberapa perusahaan), dengan menggunakan kurs paralel yang jauh lebih tinggi (14,5 kali) daripada nilai sebenarnya dari barang yang dihitung dalam mata uang nasional. Kekuatan ekonomi yang besar telah terakumulasi melalui cara ini, yang juga telah merasukke dalam pengaruh politik dan tercermin dalam lingkup institusional.

23. Tidak hanya rekayasa kenaikan harga barang-barang yang dapat membahayakan rakyat Venezuela, namun juga saat mencoba melawan faksi borjuasi yang menghasilkan barang-barang lain untuk keperluan sehari-hari ( kapitalis agrikultur dan industri manufaktur). Saat mereka harus membeli bahan baku dan barang-barang lain yang digunakan dalam proses produksi dengan harga yang ditetapkan oleh monopoli importir ini, mereka harus menjual produk mereka dengan harga yang semakin tinggi untuk mempertahankan tingkat keuntungan bisnis mereka. Dan karena daya beli penduduk telah berkurang drastis akibat tingkat inflasi yang ada, rakyat mendapati diri terpaksa memprioritaskan untuk membeli barang-barang yang diperlukan saja (makanan, obat-obatan, transportasi), dan membatasi pembelian barang-barang lain yang kurang penting. Ini hanya menguntungkan importir modal besar, dan telah mengurangi penjualan dari bisnis yang memproduksi barang-barang ini, akibatnya mempengaruhi tingkat keuntungan mereka.

Kelangkaan Barang Yang Direkayasa
24. Dalam hal kelangkaan barang, Curcio menjelaskan bahwa praktik ini - yang dimulai pada tahun 2003 dan berdampak pada beberapa produk – telah meluas pada tahun 2013. Istilah kelangkaan barang yang direkayasa digunakan karena langkanya produk tertentu di pasar nasional tidak mempengaruhi tingkat produksi atau impor produk tersebut. Persolannya mereka sengaja tidak memasukkan barang-barang ini di rak-rak toko secara reguler dan tepat dan dalam jumlah yang cukup.

25. Bagaimana kita tidak dapat memberi label pada strategi sayap kanan ini yang bertujuan membuat kekacauan ekonomi di Venezuela, menfitnah pemerintah agar kehilangan legitimasinya dan menjadikan situsi ini untuk menjatuhkannya dalam pemilihan umum, sebagai sebuah perang ekonomi?

26. Sayangnya, pemerintah Venezuela belum berhasil menghadapi kampanye media nasional dan internasional yang mengerikan dengan argumen yang meyakinkan. Keadaan ini telah menyebabkan kecenderungan di mana bagian penting dari populasi Venezuela dan sebagian besar dari mereka yang mengikuti proses Bolivarian dari luar negeri dengan menggunakan media, menyalahkan pemerintah--dan bukan menyalahkan pelaku sebenarnya, yang bertanggung jawab atas kelangkaan barang dan inflasi.

27. Tentu saja serangan ini dilakukan juga karena ada momentum yang munguntungkan mereka yakni kelemahan kebijakan ekonomi yang diambil oleh pemerintah, yang tidak mampu memperkirakan penurunan harga minyak. Ini merupakan tambahan dari kebijakan nilai tukar dan kebijakan pro-impor yang sangat besar yang membuat produksi nasional menjadi sangat memprihatinkan dan menempatkan negara ini dalam situasi di mana ia semakin bergantung pada impor. Tapi tidak ada yang bisa menyangkal bahwa sektor borjuasi Venezuela dan birokrasi negara yang korup mengambil keuntungan dari situasi obyektif ini untuk memperdalam krisis dan mengubur proyek emansipatoris Bolivarian , yang berusaha membalikkan Republik Keempat: surga bagi sedikit orang, tapi juga penderitaan dan penyingkiran bagi mayoritas rakyat.

28. Saya sepenuhnya setuju dengan Reinaldo Iturriza bahwa tidak begitu banyak kaum borjuis yang melihat Chavismo sebagai "momok", "karena kemampuannya untuk menyatukan berbagai ketidakpuasan, melainkan karena tindakan tegas melawan status quo," dan juga kenyataan bahwa itu juga membatasi kekuatan ekonomi borjuasi.

29. Menurut peneliti Venezuela, Chavismo masih hidup tapi "tidak ada banyak analisis tentang Venezuela mengenai Chavismo. Kelalaian yang sering muncul dari niat yang disengaja untuk terus mengabaikan sejarah , yang saat ini menjadi subyek proses perubahan revolusioner, dan pada kesempatan lain, karena kebutaan di kelompok-kelompok kiri tertentu yang-menolak melihat revolusi yang selalu diimpikannya membuahkan hasil - menolak revolusi yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan bagaikan mimpi buruk.

Bersambung ke bagian terkahir

No comments

Powered by Blogger.