Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

KPBI JAWA BARAT MENGGELAR RAPAT AKBAR MUNUJU MAYDAY


Gerakan Buruh Untuk Rakyat
Beberapa minggu yang lalu, ada sebuah konsolidasi buruh untuk menyambut MayDay di LBH Jakarta, yang diharapkan bisa terus-menerus berjalan. Sangat menarik karena pertemuan ini tidak hanya dihadiri oleh gerakan buruh, melainkan ada mahasiswa, pekerja seni, aktivis HAM, dsb. 
Sebuah gebrakan dalam segi tema serta isu yang tidak lagi hanya permasalahan buruh saja. Berangkat dari beberapa kenyataan seperti buruh yang turut bersolidaritas kepada perjuangan petani Kendeng yang menolak pabrik semen menjaga kelestarian alam; buruh yang melawan korupsi, buruh yang juga ingin beruang untuk pendidikan dan kesehatan, dsb. Alhasil, "Gerakan Buruh untuk Rakyat" yang kali ini menjadi aliansi untuk merangkul gerakan lainnya merontokkan sekat sektoral, dimana kedepan buruh akan mengangkat segala permasalahan rakyat.

Konsolidasi-konsolidasi terus bersambung kepada masing-masing organisasi, seperti halnya KPBI yang sedang mempersiapkan anggota-anggotanya untuk diajak turun aksi pada 1 Mei nanti.

Senin, 25 April 2015, KPBI- Konferderasi Persatuan Buruh Indoneisa untuk wilayah Jawa Barat menggelar Konsolidasi dan Rapat Akbar yang merupakan rangkaian persiapan menyambut MayDay atau Hari Buruh Internasional 2017. Agenda yang berlangsung di kabupaten Karawang, Jawa Barat ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan dari Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI), Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK), Federasi Persatuan Buruh Indonesia (FBPI), Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), SPKAN.


Ahcmad Zailani selaku koordinator wilayah KPBI Jawa Barat membuka acara diikuti dengan seruan-seruan untuk mengangkat semangat peserta dari agenda ini. selanjutnya, ia memberikan kesempatan kepada setiap pimpinan federasi untuk dapat menyampaikan pidato.

“konsolidasi seperti ini harus terus dilakukan--baik dilevel serikat, federasi maupun konferderasi agar buruh bisa bersatu,”  seperti yang dinyatakan Bahtiar dari FPBI, dalam orasinya. 

Sementara itu, Selamet dari FBTPI dalam pidatonya menyerukan kepada seluruh peserta yang hadir Senin itu, “MayDay adalah perjuangan seluruh buruh dan rakyat.” Yang sama juga ditegaskan oleh bung Kholidi FSP2KI bahwa MayDay hari perjuangan buruh sedunia, meski telah menjadi tanggal-merah bukan berarti peringatan 1 Mei dilewatkan, tetapi harus terus digelorakan sebagai momentum perlawanan buruh.

Konsolidasi dan Rapat Akbar ini berakhir dengan mengeluarkan point-point untuk memperkokoh persatuan buruh, dan menghasilkan struktur kerja untuk KPBI Jawa Barat.

Semangat kembali terbakar oleh lagu-lagu yang dipersembahkan Red Squad dan sekaligus sebagai penutup agenda ini.



Aksi peringatan Hari Buruh Internasional, pada tanggal 1 Mei nanti, akan diperingati secara serentak oleh buruh di seluruh penjuru dunia, untuk memperingati awalnya hari buruh internasional yang diprakarsai oleh perjuangan buruh dalam menuntut 8 jam kerja--Di mana pada abad ke-19 adalah periode di mana buruh bekerja 18 sampai 20 jam dalam sehari.

Untuk di Jakarta, KPBI yang tergabung dalam Gerakan Buruh Untuk Rakyat akan menggelar aksi massa yang dimulai dari Salemba-depan kampus Universitas Indonesia, lalu bergerak ke Patung Tani, menuju Gambir dan akan bergabung bersama puluhan ribu massa buruh lainnya di depan Istana Negara.



Sumber info rapat akbar: FB Kholidi

No comments

Powered by Blogger.