Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

SAYAP KIRI MELANJUTKAN KEPEMIMPINAN DI EKUADOR : LENIN MORENO MEMENANGKAN PEMILU PRESIDEN

Tokoh-tokoh politik dari seluruh benua mengucapkan selamat atas kemenangan dari kandidat partai yang berkuasa dalam pemilihan tengah digelar di Ekuador

Pemimpin Amerika Latin mengucapkan selamat pada Lenin Moreno untuk kemenangannya atas mantan bankir Guillermo Lasso dalam pemilihan presiden Ekuador. Dengan 95,64 persen suara resmi yang telah dihitung, Lenin mengalahkan mantan bankir Guillermo Lasso, calon sayap kanan aliansi CREO-SUMO dengan 51,11 persen berbanding 48,89 persen, menurut hasil yang dikeluarkan oleh Dewan Pemilihan Nasional negara itu pada Minggu malam waktu setempat.

Presiden Bolivia yang sama-sama progresif, Evo Morales, mengucapkan selamat kepada “adik,” nya dan mencuit di akun twitterbta bahwa “Rakyat Ekuador yang bersatu telah menang sebelum kekaisaran Amerika Serikat dan ipenundukannya” Dalam posting sebelumnya, Morales mengatakan bahwa “tanah air besar terus bergerak maju. Sosialisme abad ke-21 selalu penuh kemenangan.”




Mantan Presiden Argentina Cristina Kirchner mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan presiden yang akan diganti, Rafael Correa “saya sampaikan salam saya kepada pemerintah dan kasih sayang saya untuk rakyat Ekuador.”


Correa dalam akun Twitternya mengatakan “Revolusi menang di Ekuador. sayap kanan telah dikalahkan, meskipun didukung dana yang sangat besar dan media massa.”

“Selamat Ekuador, Revolusi Warga telah menang,” Presiden Venezuela Nicolas Maduro men-twit ucapan selamat pada Correa dan ‘compañero’ Moreno.

“Ekuador kebanggaan tanah air besar! Pedang Bolivar yang tak terkalahkan untuk Amerika Latin! Selamat,”begitu cuitan Menteri luar negeri Venezuela Delcy Rodriguez.

Mantan presiden Honduras Manuel Zelaya, yang digulingkan pada tahun 2009 oleh kudeta militer, mencuit bahwa dengan kemenangan Lenin siklus konservatif di Amerika Latin telah dikalahkan.

Menteri Luar Negeri Ekuador Guillaume Long, mentwit bahwa “saya di Kementerian Luar Negeri menerima pesan dari berbagai negara sahabat yang mengucapan selamat rakyat Ekuador untuk proses pemilu dan kemenangan.”

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengucapkan selamat Moreno melalui telepon.Moreno saat merayakan di luar markas Alianza Pais di Quito menyatakan solidaritas dengan rakyat Kolombia atas tanah longsor yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 250 jiwa di kota selatan Monoa.

Presiden El Savador, Salvador Sanchez, mengucapkan selamat Moreno dan mencuit bahwa “Saya ingin memperkuat persaudaraan dan kerjasama dengan Ekuador.” Partai FMLN El Salvador dalam akun resmi Twitter-nya juga mengucapkan selamat pada Moreno dan Alianza Pais untuk kemenangannya.


Sumber : www.telesurtv.net

No comments

Powered by Blogger.