Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

TENTANG PARTAI BURUH AWAMI PAKISTAN DAN PROGRAM POLITIKNYA


Tentang Partai Buruh Awami, Pakistan

Pada bulan November 2012, Partai Awami, Partai Buruh dan Partai Pekerja bergabung untuk membentuk Partai Buruh Awami (AWP) dalam upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membangun kekuatan kiri alternatif yang genuine sebagai kekuatan politik utama di Pakistan. Program partai dirancang untuk menyatukan perjuangan yang berbeda dari buruh, tani, mahasiswa, perempuan dan minoritas etnis dan agama di Pakistan di bawah bendera politik yang benar-benar demokratis dan sosialis.




Merger ini mencerminkan pengakuan di kalangan sayap kiri, baik dari kontradiksi yang meningkat dalam struktur kekuasaan yang sedang berjalan dan perlunya persatuan serta kedewasaan sehingga dapat mengambil keuntungan dari kontradiksi-kontradiksi ini. Proses merger itu didorong oleh aktivis-aktivis muda dalam tiga partai tersebut, dan beberapa di luar mereka, yang tidak membawa beban konflik sektarian Perang Dingin (baca: Stalinis, Trotskyis, Maois, dll).


Meskipun bukan usaha pertama untuk menempa persatuan Kiri, pembentukan AWP menghasilkan banyak kegembiraan di antara kaum progresif baik dalam maupun luar negeri karena menjanjikan pembangunan atas tradisi terbaik dari abad kedua puluh dari gerakan kiri dan membuat adaptasi ideologi dan organisasi yang diperlukan untuk proyek sayap kiri yang layak di abad ini.

Dalam 20 bulan pertama di awa-awal berdirinya AWP, Politik Pakistan seperti kuali tela yang bahkan telah menjadi lebih eksplosif, partai yang masih muda secara nyata menjadi satu-satunya alternatif Kiri yang signifikan bagi status quo di Pakistan.

Kontradiksi telah berkembang secara akut antara negara imperialisme, patriarki dan gabungan dari pembangunan yang tidak merata di negara multi-kebangsaan, di mana kekuatan reaksioner dari semua warna telah dikonsolidasikan dan mereka mengusasi wacana politik, dibantu oleh keterlibatan perusahaan-perusahaan media.

Partai ini menggelar Kongres pertamanya pada 27-28 September, yang mengkonsolidasikan tahap pertama pembangunan partai, dengan terpilihnya kepemimpinan nasional menyusul pemilihan sub-nasional partai di seluruh negeri.

AWP terus bekerja untuk menjadi alternatif politik progessif dan sosialis yang sejati terhadap situasi dan ideologi status quo di Pakistan, yang nantinya siap untuk menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh kekuatan modal, imperialisme dan reaksi di era kontemporer.

Merger ini mencerminkan pengakuan di kalangan sayap kiri, baik dari kontradiksi yang berkembang dalam struktur kekuasaan yang sedang berjalan dan perlunya persatuan serta kedewasaan sehingga dapat mengambil manfaat (bagi perjuangan rakyat) dari kontradiksi-kontradiksi ini.


Program Partai : 


  1. Negara akan mengambil tanggung jawab utama pengorganisasian dan perencanaan ekonomi negara. 
  2. Industri besar, termasuk yang dijalankan oleh militer, akan dinasionalisasi dan ditempatkan di bawah kendali negara yang demokratis. 
  3. Partai ini melawan setiap agresi imperialis terhadap rakyat kami dalam segala manifestasinya: baik serangan merka melalui dhrone, modal multinasional atau langkah-langkah penghematan yang dipaksakan oleh IMF dan Bank Dunia. 
  4. Kebijakan Privatisasi akan segera dihentikan, semua industri yang telah diprivatisasi akan kembali dinasionalisasi dan semua buruh yang di PHK akan kembali dipekerjakan. 
  5. Hak demokratis pekerja untuk membentuk serikat buruh akan diakui dan dilindungi sebagai bagian dari kebijakan negara untuk mendemokratisasi tempat kerja dan meningkatkan kondisi kerja. 
  6. Reformasi kepemilikan tanah secara radikal akan segera dilaksanakan dan tanah akan didistribusikan di antara kaum tani untuk mematahkan kekuasaan politik dan sosial dari keluarga pemilik tanah besar. 
  7. Akan mengubah secara mendasar kebijakan negara yang bermusuhan terhadap negara-negara tetangga, yang telah digunakan untuk membenarkan pembentukan kekuasaan ekonomi dan politik Militer. 
  8. Partai ini mengakui bahwa pertanyaan pembebasan perempuan telah menerima perhatian yang cukup, bahkan di kalangan Kiri. Partai ini bertujuan untuk melawan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan menganggap perempuan berada pada barisan depan revolusi, tanpa pembebasan perempuan perubahan mendasar apapun adalah mustahil. 
  9. Ideologi fanatisme agama yang omong kosong akan sepenuhnya dihancurkan dan pendapat rakyat akan dikerahkan untuk melawan kekuatan konservatif tersebut 
  10. Multi-Kebangsaan di Pakistan akan diakui dan sistem federal asli berdasarkan hak penentuan nasib sendiri bagi semua bangsa akan dibentuk. 
  11. Lembaga-lembaga negara yang menindas akan diganti dengan lembaga yang menyediakan kebutuhan dasar dan secara fundamental demokratik dalam menjalankan fungsi mereka.


No comments

Powered by Blogger.