Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

KUBA MENGIRIMKAN BRIGADE KESEHATAN KE PERU UNTUK MEMBANTU KORBAN BENCANA BANJIR



Dokter-Dokter Kuba telah membantu 1.046 orang dalam dua hari pertama kerja lapangan mereka.

Hanya dalam waktu dua hari setelah Kuba mengirim brigade kesehatan ke Peru, lebih dari 1.000 orang menerima perawatan dari dokter-dokter yang dikenal dengan semangat internasionalisme mereka, di mana telah terjadi bencana banjir yang menewaskan sedikitnya 94 dan menyebabkan setidaknya 700.000 lainnya kehilangan tempat tinggal,

Pemimpin brigade - yang terdiri dari 11 dokter, 10 tenaga profesional perawat kesehatan, administrator dan seorang dokter sebagai ketua-- hari Rabu kemarin, mengatakan kepada Prensa Latina bahwa mereka bekerja di lima tempat penampungan di mana ribuan pengungsi yang direlokasi karena rumah mereka hancur atau tak bisa ditempati.


Sampai dengan hari Selasa yang lalu, dokter-dokter ini telah menjenguk 1.046 orang di dua hari pertama kerja lapangan mereka. Selain itu, pemimpin brigade ini, Rolando Piloto, mengatakan bahwa kelompok ini juga melakukan 549 workshop pendidikan di antara pengungsi dan 23 dengar pendapat kelompok kesehatan.

Bagian epidemiologi juga telah melakukan penilaian untuk melihat apakah ada kemungkinan penyebaran wabah penyakit karena kondisi lingkungan dan fisik.

Kuba telah memperluas solidaritas ke Peru di masa lalu, terutama dalam menanggapi gempa bumi yang dialami Peru pada tahun 1970 dan 2007.

Pada bulan Maret, Presiden Kuba Raul Castro mengirim solidaritasnya untuk rekan Peru nya, Pedro Pablo Kuczynski, yang mengekspresikan belasungkawa atas bencana yang terjadi di Peru.

Peru terus menerus menghadapi cuaca buruk setidaknya sejak bulan Desember, yang telah memukul masyarakat yang paling miskin terutama rmasyarakat Peru yang membangun tinggal di dekat sungai, sepanjang Andes--bagian tengah Peru hingga pesisir pantai Pasifik



Sumber : http://www.cuba-solidarity.org.uk/

No comments

Powered by Blogger.