Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

SOLIDARITAS DUNIA UNTUK RAKYAT VENEZUELA: PERTAHANAN REVOLUSI BOLIVARIAN



Pernyataan Solidaritas Bersama untuk Venezuela:

MEMBELA PROSES BOLIVARIAN MELAWAN SAYAP-KANAN YANG KONTRA-REVOLUSI DAN MENOLAK INTERVENSI ASING DI VENEZUELA

19 April 2017

Kami, organisasi-organisasi yang bertandatangan dibawah ini, menyatakan dukungan dan solidaritas kami untuk rakyat Venezuela dan Pemerintahan Republik Bolivarian Venezuela, mengecam ancaman kontra-revolusi dan serangan-serangan kekerasan yang dilakukan oleh pasukan sayap-kanan yang didukung kekuatan imperialis Amerika Serikat.
 
Kekuatan oposisi sayap-kanan di Venezuela melakukan kampanye dengan agresif dan menggiring sentimen untuk menggulingkan Presiden Maduro.
 
Kekuatan sayap-kanan memanfaatkan konflik kelembagaan antara Mahkamah Agung dan Majelis Nasioal--yang dikuasai oposisi untuk memicu ketegangan, meningkatkan kekerasan politik dan menggoyahkan negara untuk melapangkan jalan bagi intervensi imperialis serta memungkinkan mereka untuk kembali mengambil alih kekuasaan, seperti apa yang terjadi pada kudeta April 2012, tepatnya 15 tahun lalu.

Organisasi Bangsa-Bangsa Amerika telah mendukung kekuatan sayap-kanan di Venezuela dengan mengancam menuntut apa yang disebut Hak Demokratik menentang Venezuela. Sementara itu, Laksamana Kurt W. Tidd, komandan komando selatan Amerika Serikat, menyiapkan tanggapan atas “ketidakstabilan” Venezuela, yang dijadikan alasan Amerika Serikat mengintervensi Venezuela untuk menyokong kekuatan sayap-kanan.

Seperti itulah langkah kekuatan imperialis dalam mengancam kedaulatan Venezuela dan prinsip-prinsip penentuan nasib sendiri yang menggelisahkan imperialis. 

Kepentingan intervensi asing dan kekuasaan yang diambil alih sayap-kanan melalui cara-cara kekerasan akan sangat menghancurkan rakyat Venezuela, karena semua kemajuan sosial dari revolusi Bolivarian sejak 18 tahun lalu akan dihancurkan.

Kekuatan sayap-kanan yang mewakili kepentingan oligarki akan menggagalkan misi-misi sosial, mengembalikan perusahaan yag telah dinasionalisasi dan menyerahkan kepemilikan tanah kepada orang kaya, secara besar-besaran memotong jaminan pensiun hari tua serta megurangi hak pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Kekalahan Revolusi Bolivarian di Venezuela juga menandakan kemunduran bagi kekuatan progresif dan memiliki implikasi yang lebih luas untuk kawasan Amerika Latin.

Maka dari itu, kita:
  • Menegaskan lagi dukungan dan solidaritas kita terhadap Revelusi Bolivarian di Venezuela. 
  • Menolak segala bentuk intervensi asing yang berusaha menggeorogoti kemerdekaan dan kedaulatan Venezuela.
  • Menyerukan kepada kekuatan progresif di seluruh dunia untuk berhimpun mendukung rakyat Venezuela dalam mempertahankan Revolusi Bolivarian.

Organisasi-organisasi yang bersepakat atas pernyataan solidaritas bersama ini:

1. Socialist Party of Malaysia (PSM)

2. Network of the Oppressed People (JERIT), Malaysia

3. Pertubuhan Pembangunan Sosio Ekonomi Rakyat Golongan Miskin – FREEDOM, Malaysia

4. Solidariti Anak Muda Malaysia (SAMM)

5. Partido Lakas ng Masa (PLM), Philippines

6. Awami Workers Party (AWP), Pakistan

Sedane Labor Resource Center (LIPS), Indonesia

7. Indonesian Confederation of United Workers (KPBI), Indonesia

8. Confederation of Indonesia People Movement (KPRI), Indonesia

9. Popular Student Federation (FMK), Indonesia

10. Asia Monitor Resource Centre (AMRC)

11. Socialist Alliance, Australia

12. Australia-Venezuela Solidarity Network, Australia

13. Latin America Social Forum, Australia

14. FMLN Support Committee, Brisbane, Australia

15. Australia Venezuela Association of ACT Inc.

16. Latin American Solidarity Network (LASNET), Australia

17. Women Workers Forum, Bekasi, Indonesia

18. Nasional Union Confederation (KSN), Indonesia

19. Perempuan Mahardika, Indonesia

20. Politik Rakyat , Indonesia

21. Committee for Asian Women





 



No comments

Powered by Blogger.