Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

JANGAN TUNDA LAGI ! HANYA DENGAN ALAT PERSATUAN ANTAR RAKYAT DENGAN PLAFORM PERJUANGAN BERSAMA YANG MEMBUAT KITA SANGGUP BERTAHAN DAN BAHKAN MEMENANGKAN PERJUANGAN






May Day : Buruh Untuk Rakyat
[ sebagai upaya membangun platform bersama dan persatuan gerakan yang kuat]


Banyaknya persoalan yang dihadapi kaum buruh dan juga rakyat lainnya, serta kesadaran akan adanya keterkaitan antara satu masalah dengan masalah lainnya, juga kesadaran bahwa solidaritas (baik antar buruh, maupun antar buruh dan rakyat) semakin dibutuhkan, menjadi landasan bagi elemen gerakan buruh untuk mengambil satu sikap bahwa May Day 2017, adalah momentum bagi Gerakan Buruh untuk "lebih menegasakan posisinya, bahwa gerakan buruh ke depan akan berdiri sekuat-kuatnya dalam perjuangan bersama rakyat miskin-rakyat tertindas lainnya.






Solidaritas kaum buruh terhadap perjuangan rakyat selama ini, adalah modal awal untuk dikuatkan. Kawan-kawan buruh di Bekasi misalnya, sudah sejak lama terjun dalam kerja-kerja advokasi pelayanan kesehatan buat masyarakat luas, lalu dalam berbegai momentum persoalan rakyat (seperti misalnya Kendeng), kawan-kawan buruh di berbagai kota juga terlibat untuk memberikan solidaritasnya. Bersamaan dengan itu, di gerakan buruh juga tidak lagi sekedar berjuang dalam isu-isu perburuhan saja---persoalan korupsi, persoalan pencabutan subsidi, persoalan tax amensti dan pajak, persoalan reforma agraria, pendidikan, kesehatan, diskriminasi terhadap perempuan maupun persoalan rasisme dan persoalan demokrasi, juga muncul sebagai isu-isu yang juga diangkat dalam aksi-aksi buruh.







Namun apa yang sudah dilalakukan, masih jauh dari cukup--untuk menghadapi kebrutalan rezim hari ini---pun sebagai kekuatan alternatif yang signifikan.

Belum adanya platform bersama--baik sebagai platform atas berbagai persoalan maupun sebagai visi masa depan perubahan, serta belum adanya alat perjuangan bersama--yang menyatukan kekuatan buruh dan rakyat--menjadi tugas mendesak di masa sekarang ini.



Oleh karena itu, setiap upaya yang mencoba menjawab tugas ini, memang sangat patut diberikan dukungan dalam berbagai bentuk, baik dukungan secara organisasi maupun individu-individu, juga dari kalangan akademisi--terutama untuk bersama-sama menyusun platform gerakan rakyat dan usulan2 mengenai road map pembangunan alat perjuangan bersama--yang menasional, lintas sektor dan berdaya juang dalam waktu yang panjang.






No comments

Powered by Blogger.