Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

APA ITU MAJELIS KONSTITUEN?

Dukungan dari sektor-sektor masyarakat di Venezuela untuk proposal Majelis Konstituen


Venezuela: Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Pemilu untuk Majelis Konstituante

Presiden Venezuela Nicolas Maduro mempresentasikan ke Dewan Pemilihan Nasional, CNE, sebuah proposalnya untuk menyusun basis pemilihan di mana perwakilan majelis konstituen akan dipilih.

Ini akan membuka jalan bagi 540 anggota majelis konstituen untuk dipilih oleh rakyat Venezuela dengan cara yang "langsung, rahasia, umum, teritorial dan sektoral."

Jika tujuan Majelis Konstituante 1999 adalah untuk menemukan kembali tujuan negara, maka Majelis Konstituante 2017 bertujuan untuk merubah, melindungi dan menyelamatkan negara.

Dalam sebuah dokumen, yang ditandatangani sebelum CNE, Presiden Maduro menyatakan bahwa seruan untuk menyelenggarakan Majelis Konstituante ini dibuat "dalam konteks situasi sosial, politik dan ekonomi saat ini dimana ada ancaman internal dan eksternal yang parah terhadap demokrasi dan warisan rakyat Venzuela, dan juga upaya melawan konstitusi."


Dengan kata lain: Chavistas menempatkan komitmen mereka dalam proses pemilihan yang sah, yang digariskan oleh Konstitusi saat ini, untuk membentuk Majelis Konstituante yang berkuasa penuh. Inilah satu-satunya contoh di mana pemilihan rakyat dapat dicapai (sebagaimana tercantum dalam Pasal 349 Konstitusi) setiap kekuasaan dipilih oleh rakyat.


Komite - komite

Delegasi teritorial:


Dari 540 delegasi dalam majelis konstitusi nasional, 346 akan dipilih secara teritorial. Delapan konstituen akan dipilih oleh masyarakat adat, dan semua melalui pemilihan yang universal, langsung dan rahasia. Dalam kasus masyarakat adat, metode pilihan dan partisipasi menurut warisan leluhur mereka tetap diakui.

Setiap kotamadya di Venezuela akan memilih delegasinya, sesuai dengan prinsip representasi mayoritas. "Semua kotamadya akan memiliki delegasi, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya," kata Maduro. Dua delgasi di ibukota negara bagian akan dipilih melalui urutan yang terbanyak dalam daftar suara, sesuai dengan prinsip perwakilan proporsional.

Metode yang sama akan digunakan untuk memilih tujuh delegasi di kotamadya Libertador de Caracas, ibukota Republik Bolivarian Venezuela.

"Itu berarti bahwa Ibukota Distrik Caracas akan memiliki tujuh delegasi, negara bagian Anzoátegui akan memiliki 22 delegasi, Apure delapan, Aragua 19, Barinas 13, Bolívar 12, Carabobo 15, Cojedes 10, Falcón 26, Guárico 16, Lara 10, Mérida 24 , Miranda 22, Monagas 14, Nueva Esparta 12, Portuguesa 15, Sucre 16, Táchira 30, Trujillo 21, Yaracuy 15, Zulia 22, Amazonas delapan, Delta Amacuro lima dan Vargas dua, dengan total 364 delegasi, "jelas Presiden Maduro .

Delegasi sektoral


Melalui pemungutan suara yang umum, langsung dan rahasia, namun dengan kewenangan untuk memilih di dalam sektor sosial, 168 delegasi akan dipilih ke Majelis Kontitusi Nasional dari sektor-sektor sebagai berikut:


1. Buruh

2. Petani dan nelayan

3. Pelajar

4. Disabilitas.

5. Masyarakat adat

6. Pensiunan

7. Pengusaha


Komune dan Dewan Komunal

Proses pilihan sektoral ini agak lebih rumit. Ini memungkinkan sektor sosial utama terwakili di tingkat nasional di Majelis Konstituante. Dalam hal ini, pemilihan akan berlangsung sesuai dengan pembagian berikut: petani, nelayan, kelompok disabilitas, pengusaha, pensiunan, pelajar dan buruh. Para kandidat akan dipilih untuk tingkat nasional, sesuai dengan prinsip representasi mayoritas: siapa pun yang mendapat suara terbanyak akan terpilih dalam tingkat nasional.

Perwakilan komune dan dewan komunal akan dipilih secara regional, sesuai dengan prinsip perwakilan mayoritas, di semua negara bagian. "Itu bukan daftar nasional, tapi kepemimpinan komunal di tempatnya masing-masing," jelas Maduro.

Pada dasarnya, setiap pemilih akan dikelompokkan untuk memilih hanya satu dari berbagai kandidat sektoral dalam pemilihan. KPU (CNE ) akan meminta catatan kandidat dari institusi resmi, kementrian pendidikan, serikat pekerja dan asosiasi, untuk memverifikasi hal-hal detail tentang mereka dan menambahkannya ke dalam surat suara.

Misalnya, jika Anda pensiun dan atau hidup sebagai pensiun dan anda tidak terdaftar di partai pemerintah atau partai oposisi, anda harus memilih kandidat dari sektor pensiunan. Jika Anda adalah pegawai negeri atau swasta, anda mungkin harus memilih antara kandidat Chavez atau memilih lawannya kelas pekerja. Alih-alih memilih "calon dari masyarakat adat" tanpa menjadi masyarakat adat, sekarang ada pilihan untuk memilih kandidat sesuai sektor. Untuk menjaga prinsip satu orang, satu suara, tidak ada pemilih yang dapat memilih lebih dari satu sektor.



Pencalonan

Seseorang dapat dicalonkan dengan salah satu cara sebagai berikut:

1. Atas inisiatif sendiri

2. Atas inisiatif kelompok pemilih dan pemilih.

3. Atas inisiatif sektor-sektor tersebut di atas.

Untuk mencalonkan diri atas inisiatif mereka sendiri, minimal mendapatkan dukungan 3 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar di daftar pemilih di kotamadya. Dalam kategori sektoral, kandidat akan dicalonkan oleh sektor terkait dan harus mendapat dukungan 3 persen dari sektor tempat mereka berada.

Untuk dicalonkan sebagai kandidat Majelis Konstitusi Nasional, anda harus:

1. Seorang warga negara Venezuela dengan bukti kelahiran, tanpa kewarganegaraan lain.

2. Berusia di atas 18 tahun pada tanggal pemilihan.

3. Tinggal 5 tahun di negara ini.

4. Didaftarkan atau terdaftar dalam daftar pemilu.

5. Pada tingkat sektoral, calon harus menunjukkan bukti bahwa mereka termasuk dalam sektor yang ingin mereka wakili.


Catatan tentang mekanisme ini :

Bertentangan dengan apa yang dikecam oleh kelompk anti-Chavistas di Venezuela maupun internasional , Majelis Konstitusi Nasional tidak akan menjadi "pemilihan tertutup di antara kelompok-kelompok Chavistas saja" Metodologinya ketat dan terfokus pada struktur parlemen majemuk yang beragam, sebagai pengertian bahwa hal itu tidak hanya mengakui matriks representasi teritorial, tetapi juga sektor-sektor yang representatif secara sosial-demografis dan mayoritas masyarakat Venezuela (seperti kaum muda , kelas pekerja dan pensiunan).

Pemungutan suara dilakukan secara langsung, umum dan rahasia , dan proses pemilihan di tingkat kedua (yang memang tidak diperlukan) ditiadakan. Terdapat juga fakta lain yang relevan: yaitu daerah dan kotamadya terus memiliki bobot terbesar dengan 364 anggota majelis yang dipilih melalui model ini, yang mempertahankan kotamadya sebagai unit administrasi politik lokal yang independen. Sebuah persoalan sudah dijawab, bahwa matriks tersebut dibuat sebagai sistem "curang" untuk mendukung chavismo.


Tidak ada situasi yang merugikan bagi kelompok anti-Chavismo menuju Majelis Konstituante. Dengan memegang kepemimpinan Majelis Nasional, mereka menyatakan idiri mereka sebagai kekuatan politik dan elektoral mayoritas di seluruh wilayah pemilihan nasional, di sebagian besar distrik kota dan di semua sektor sosial. Faktanya, Julio Borges mengatakan bahwa Chavismo saat ini merupakan minoritas politik yang hanya 10 persen atau 12 persen di seluruh negara tersebut. Pernyataan tersebut jika dibandingkan dengan sikap penolakan Majelis Nasional untuk mengambil langkah “semua atau tidak sama sekali” di Majelis Konstitusi, sekarang tampak tidak konsisten berhadapan dengen metodologi yang disampaikan oleh Maduro.

No comments

Powered by Blogger.