Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

PUERTO RIKO: PROFESOR DAN PELAJAR MELAWAN HUTANG LUAR NEGERI

‘Stop Penghisap Dana’ Pelajar Puerto Riko Memprotes Penghematan

Kurang lebih US 36,9 miliar utang Puerto Riko "tidak sah," menurut sebuah laporan baru.

Pelajar dari University of Puerto Rico sedang mengorganisir sebuah demonstrasi nasional pada hari Jumat untuk memprotes langkah-langkah penghematan yang meluas dan memprotes meningkatnya kekerasan polisi terhadap mereka yang menentang tindakan tersebut.

Para organisator pelajar menggambarkan demonstrasi tersebut sebagai melawan penganiayaan dan kriminalisasi perjuangan mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan yang terjangkau. Namun, perdebatan yang jauh lebih luas akan diadakan mengenai langkah-langkah penghematan yang meluas yang bertujuan mengurangi krisis utang pulau Karibia.



Sementara pendapatan Puerto Riko menurun selama bertahun-tahun, protektorat atau daerah jajahan A.S. meminjam uang dengan menerbitkan obligasi (surat utang) pemerintah kota agar pemerintah tetap beroperasi. Pada tahun 2015, gubernur Puerto Riko, Alejandro Javier García Padilla, mengumumkan bahwa hutang hampir US $ 73 miliar di pulau ini yang "tidak mampu dibayar".

Pada hari Rabu, Puerto Riko mengumumkan bahwa mereka akan merestrukturisasi hutang publiknya. Klaim kebangkrutan pulau itu bisa mencapai nilai tukar yang bersejarah senilai US 3,8 triliun di pasar obligasi daerah. tidak jelas berapa hutang negara tapi setidaknya tercatat US$70 Miliar dalam deretan hutang yang membawa pada kebangkrutan.

Para demonstran telah mengarahkan Badan Pengawas Fiskal pulau itu, yang didirikan oleh RUU PROMESA A.S. untuk mengawasi pengeluaran pemerintah. Badan yang tidak terpilih, yang telah mengambil alih kekuasaan pada bulan Januari, mendorong langkah-langkah penghematan berat. Salah satu langkah tersebut mencakup pemotongan dana universitas sebesar US 512 juta pada tahun 2025.

Menurut laporan Komisi Audit Utang Saqib Bhatti dan Carrie Sloan dari Proyek Peminjaman America, utang Puerto Riko sekitar US 36,9 miliar dianggap ilegal. Jumlah hutang kepada kreditor termasuk hutang "ekstra-konstitusional" yang dibebani dengan suku bunga memeras atau "tingkat bunga" memiskinkan.

Bernard Tort, seorang profesor Universitas Puerto Riko yang diserang dengan semprotan lada oleh polisi anti huru hara saat demonstrasi baru-baru ini, Tort mengatakan bahwa dia kehilangan penglihatannya selama 40 menit. Bersama sebagian besar pelajar dan profesor, Tort mendukung audit independen atas hutang tersebut.

"Audit tersebut akan mengungkapkan 1) berapa besar hutang yang ilegal, 2) siapa yang bertanggung jawab untuk semua obligasi ilegal yang terjual, dan 3) siapa yang terlibat dalam penjaminan pengeluaran surat obligasi," katanya.

Demonstrasi nasional dijadwalkan pukul 13:00 di depan gerbang Universitas Puerto Riko di Utuado.

sumber: telesurtv.net

No comments

Powered by Blogger.