Kiri Sosial membuka ruang bagi kawan-kawan yang ingin berkontribusi pada Kirisosial.blog. Kami menerima kontribusi dalam bentuk artikel terjemahan yang memuat tentang inspirasi gerakan yang partisipatif atau tentang inspirasi persatuan. Silahkan kirim terjemahan anda melalui inbox FB atau kirim melalui kirisosial@gmail.com. Terimakasih

PEMIMPIN MAHASISWA SAYAP KIRI DIBUNUH PENEMBAK MISTERIUS


Pemimpin Mahasiswa Sosialis Venezuela Tewas Setelah Mendukung Maduro

Lopez terbunuh sehari setelah secara terbuka mendukung usulan presiden Venezuela Nicolas Maduro untuk Majelis Konstituante Nasional.

Pemimpin mahasiswa Venezuela Juan Bautista Lopez Manjarrez ditembak dan dibunuh pada hari kamis di Universitas Politeknik Territorial di Anzoategui oleh seorang penembak yang tidak diketahui. Tiga lainnya luka-luka, kata kementerian keuangan Venezuela.

Lopez, pemimpin federasi pusat universitas dan anggota partai sosialis Venezuela, PSUV, ditembak setelah meninggalkan sebuah majelis yang diadakan di kampus universitas. Penyerang tersebut melepaskan beberapa tembakan dan melarikan diri dengan sepeda motor.

Lopez terbunuh sehari setelah secara terbuka mendukung usulan presiden  Venezuela Nicolas maduro untuk majelis konstituante nasional dalam sebuah konferensi pers. Majelis tersebut bertujuan untuk mempertemukan organisasi dari sektor masyarakat luas untuk menulis ulang konstitusi Negara bagian 1999 dalam upaya untuk meredakan ketegangan politik yang sedang berlangsung.

Namun, oposisi sayap kanan Venezuela malah menyerang  usulan tersebut sebagai “kudeta” dan meminta pemprotes untuk memberontak terhadap tindakan tersebut, menyebabkan banyak orang percaya bahwa mereka lah yang berada dibalik pembunuhan Lopez. Surat kabar El Vistazo melaporkan bahwa setidaknya 23 ronde dipecat.

Sejak April, mencapai 39 orang telah terbunuh di Venezuela di tengah demonstrasi oposisi sayap kanan yang sedang berlangsung.

Pemimpin oposisi telah berusaha untuk menggambarkan kematian tersebut sebagai contoh represi Negara dan bukti “kediktatoran” yang ingin mereka jatuhkan. Media arus utama secara umum menggemakan versi kejadian ini, dengan mengabaikan kematian aktivis sayap kiri seperti Lopez yang dicurigai sebagai pemprotes sayap kanan.

Menurut Jaksa Agung Venezuela Luisa Ortega selain lebih dari tiga lusin orang yang tewas, lebih dari 437 orang telah terluka dalam demonstrasi tersebut.

Sumber: telesurtv.net

No comments

Powered by Blogger.